Road to WSBK, Poltekpar Lombok Gelar Famous 2022

Praya (Suara NTB) – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok bersiap menggelar Familiarization Trip of Sustainable (Famous) 2022. Event yang bertujuan mendorong keberlanjutan pariwista yang ada di NTB ini, menjadi salah satu event pendukung menyambut gelaran World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung di sirkuit internasional Mandalika, 11-13 November mendatang. Sekaligus sebagai salah satu bentuk dukungan Poltekpar Lombok dalam upaya mendorong kemajuan pariwisata yang berkelanjutan di daerah ini.

“Famous 2022 sendiri merupakan event yang di-create oleh mahasiswa Poltekpar Lombok dan akan berlangsung pada 9 sampai 11 Oktober mendatang,” ungkap Pembantu Direktur I Poltekpar Lombok, Dr. Amirosa Ria Satiadji, M.M., CHE., dalam press conference di Kampus Poltekpar Lombok, Selasa, 27 September 2022.

Ia menjelaskan, Famous merupakan event tahunan yang digelar Poltekpar Lombok dan tahun ini merupakan gelaran yang ketiga. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2020 lalu. Dan, akan diikuti oleh sekitar 25 orang peserta. Dengan beberapa latar belakang profesi. Mulai dari travel agent, influencer serta kalangan jurnalis. Baik itu dari local pulau Lombok maupun luar NTB yang diundang langsung oleh Poltekpar Lombok.

Nantinya para peserta akan diajak untuk mengunjungi kawasan The Mandalika. Kemudian menginap langsung di Desa Adat Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Ditutup dengan tour di kampus Poltekpar Lombok.

Hanya saja konsep gelaran tahun ini sedikit berbeda dengan gelaran sebelumnya. Di mana Famous tahun ini mengadopsi live in concept. Jadi peserta selama beberapa malam akan menginap langsung di Desa wisata adat Karang Bajo untuk mengikuti ritual Mulud (maulid) warga adat Karang Bajo. “Kalau sebelumnya peserta hanya melakukan tour biasa saja. Tapi tahun ini peserta akan menginap langsung di desa wisata adat yang menjadi lokasi kegiatan,” sebutnya.

Jadi peserta akan bisa merasakan langsung sensasi tinggal di desa wisata adat Karang Bajo. Sekaligus akan mengikuti berbagai aktifitas yang masuk dalam ritual adat Mulud warga desa setempat. Sehingga itu bisa menjadi pengalaman tersendiri para peserta. “Kenapa kita ajak trave agent, influencer dan jurnalis sebagai peserta, supaya bisa turut mempromosikan potensi desa wisata adat yang dimiliki daerah ini,” terang Amirosa.

Karena memang tujuan lainnya dari event Famous ini ialah membantu pemerintah mempromosikan potensi desa wisata yang ada di daerah ini. Yang pada akhirnya bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

Pemilihan desa wisata ada Karang Bajo sebagai lokasi event sendiri, tambah Aditya, Tim Manajer Famous 2022, bukan tanpa alasan. Di mana desa wisata adat Karang Bajo sendiri termasuk desa wisata potensial namun belum begitu terekspos. Berbeda dengan desa-desa wisata lainya seperti kampusng wisata adat Sade maupun desa adat Bayan yang sudah dikenal luas. Sehingga tidak dipilih sebagai lokasi event.

“Kita ingin melalui event Famous ini desa-desa wisata yang belum dikenal bisa lebih dikenal. Itulah kenapa kemudian Famous digelar di desa wisata adat yang belum begitu dikenal luas. Karena prinsip dari Famous yakni keberlanjutan,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, tokoh muda adat Bayan, Renadi, menyambut baik event Famous 2022 yang digelar Poltekpar Lombok tersebut. Pihaknya berharap melalui event tersebut desa wisata adat Karang Bajo Bayan bisa semakin dikenal luas. Dan, bisa berkembang menjadi salah satu destinasi wisata adat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara. (kir)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...