Potret Eby Bima , Bersuara Emas, Berprestasi, Jago Ngaji, hingga Tulang Punggung Keluarga

Siapa yang tidak mengenal Eby Bima? Ia adalah salah seorang peserta Dangdut Academy (DA) 5 yang mencuri perhatian berkat suaranya yang bagus dan berkualitas.

DI balik suara emasnya tersebut, remaja belia berusia 14 tahun dengan nama lengkap Rabiunahar Rizta Ramdhan ini, ternyata banyak memiliki keunggulan dan talenta lainnya.

Di lingkungan keluarga dengan kehidupan ekonomi kurang mampu, Eby Bima adalah tulang pungung. Sementara di sekolah, Ia merupakan siswa yang berprestasi dengan meraih juara I dan II.

Tidak hanya itu, di lingkungan masyarakat, Eby Bima menjadi andalan sebagai muadzin di mesjid/mushalla di sekitar tempat tinggalnya di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Yang paling membanggakan lagi, anak bungsu empat bersaudara dari pasangan suami istri (pasutri) Rizalul Makruf dan Masita ini, juga jago melantunkan ayat suci Alqur’an (ngaji).

“Eby merupakan anak sosok periang, pintar dan murah senyum,” kata Ibu Eby Bima, Masita mengisahkan sosok anaknya itu kepada Suara NTB, Selasa, 27 September 2022.

Saat dua tahun usianya, Masita mengaku membatasi pergaulan Eby dengan lingkungan luar agar tidak pengaruh ke hal-hal yang negatif. Namun memasuki kelas 5 SD di Labuhan Bajo NTT, Eby terpaksa harus bekerja paruh waktu untuk membantu ekonomi keluarga.

“Saat di Labuhan Bajo, Eby membantu bersihkan kandang ayam pedaging milik orang yang kami jaga. Kegiatan itu dilakukan sepulang sekolah,” kenang Masita penuh haru.

Eby harus bekerja membantu ekonomi keluarga karena saat itu, sang suami atau ayah dari Eby Bima, dalam kondisi sakit selama 10 tahun akibat kesetrum listrik. Sebagai seorang Ibu, Masita merasa sedih, anak seusia Eby seharusnya tengah bermain, menikmati masa-masa kecilnya. “Tapi itulah Eby. Dia itu (Eby.red) sangat luar biasa,” katanya.

Masita mengatakan, bakat Eby menyanyi terlihat saat mereka pindah dari Labuhan Bajo ke kampung halamannya di Desa Rai Oi. Eby kerap di undang pada acara-acara  pernikahan di kampung sejak kelas 1 SMPN. “Sejak kelas 1 SMPN kerap tampil dan menyanyi di acara nikah sampai sekarang naik kelas 3 ini,” ujarnya.

Masita mengaku, pemilik hajatan memberikannya Rp200 ribu hingga Rp250 ribu dalam sekali tampil. Lebih dari itu, adalah sawer dari orang-orang yang menghadiri hajatan. “Alhamdulillah tetap ada hasilnya. Meskipun ada kiriman kakaknya yang jadi TKI di Jepang. Namun itu buat biaya kuliah kakaknya yang lain,” ujarnya.

Meski disibukan dengan aktivitas menyanyi dari panggung ke panggung, namun  tidak membuat Eby Bima lupa dengan statusnya sebagai SMPN 4 Sape. Baginya sekolah dan belajar tetap diutamakan. Terbukti Ia pernah menjadi Ketua Osis dan meraih juara I dan II di Kelas.

“Tidak lepas dari tanggungjawabnya sebagai anak sekolah. Eby tetap rajin belajar dan masuk sekolah. Eby bisa menyesuaikan waktu menyanyi dan sekolah,” katanya.

Selain itu, Masita mengaku anaknya itu kerap dipanggil sebagai muadzin di mesjid di kampungnya. Hal itu lantaran suara Eby saat adzan dianggap bagus dan dinikmati warga. “Ngaji dan adzannya Alhamdulillah. Saya sangat bangga dan bersyukur memiliki anak seperti Eby,” ujarnya.

Masita menambahkan torehan yang diraih anaknya saat ini sebagai idola baru, berkat usaha dan kerja kerasnya selama ini serta didukung penuh oleh orang tua, kakak-kakaknya hingga keluarga besar.

Sebagai seorang ibu, Masita berharap Eby agar tetap rendah hati dan tidak sombong. Dimurahkan rezeki serta tetap menjaga sikap atau adab (attitude) meski saat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. (uki)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...