”Lombok Essay Competition”, Wadah Mengasah Ide dan Inovasi Mahasiswa Se-Indonesia

Mataram (Suara NTB) – Ruang Inovasi Sains dan Karya Ilmiah (RISKI) yang berada dibawah naungan Yayasan Rizki Prima Sentosabekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram(Unram) kembali mengadakanevent tingkat nasional yaitu LombokEssay Compatition.Kegiatan ini dalam rangkaian Dies Natalis Unram ke-60.

Ketua Panitia Lombok Essay Competition I Gusti Ayu Giya Ade S, menjelaskan, kegiatan inidiikuti 68peserta berprestasi dari seluruh Indonesia. ‘’Kegiatan ini diadakan selama dua hari berturut-turut, yaitu mulai dari hari Sabtu (24-25 September 2022),’’ ujarnya, Selasa, 27 September 2022.

Dalam pembukaan kegiatan dibuka Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UnramYusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram, perwakilan Pemkot Mataram dan seluruh Juri Lomba LEC. Kegiatan ini tutup Dekan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas MataramBaiq Rien Handayani, SP., M.Si., Ph.D.

Menurutnya, tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan inovasi dan penalaran mahasiswa-mahasiswi diseluruh Indonesia, sehingga dapat menjadi sumbangsih ide dan literasi untuk menciptakan generasi inovatif dan kreatif..

Dijelaskannya, Lombok Essay Competition ini dibagi menjadi beberapa bidang yaitu bidang kesehatan, bidang hukum dan ekonomi, bidang energi dan lingkungan, bidang sosial budaya, bidang teknologi, bidang pendidikan, dan bidang pertanian, pangan dan peternakan.

Pada kegiatan ini,Juara ILombok Essay Competition (LEC) 2022 diraih oleh Fira Rahmadani dari Universitas Politeknik Jember. Juara II diraih Detry Al-Bukhari dari Universitas Brawijaya. Juara III diraih Putu Purtri Agustin dari UniversitasUdayana. Juara Harapan I diraih oleh Gesia Afifah Ayu Wulandari dari Universitas Muhammadiyah Merto. Juara Harapan II diraih Muhammad Zaddan Rezky dari Universitas Tdaluko, Juara Harapan III diraih oleh Ivo Razava dari Universitas Jember.

‘’Juara umum Lombok Essay Competition(LEC) 2022 diraih oleh Gita Apriani dan kawan-kawan dari Universitas Brawijaya,’’ terangnya.

Selain penghargaan diatas, ada beberapa penghargaan lain yang diberikan kepada para finalis Lombok Essay Competition (LEC) yaitu Favorit Poster bidang pendidikan diraih yang oleh Asmita dan Dwi Wulandari dari Universitas Jambi. Favorit poster bidang kesehatan yang diraih oleh Nuraning Iqtiarini dan Oni Susilowati dari Universitas Sebelas Maret. Favorit Poster bidang Teknologi diraih Jurfilanto Lamali dan Irqi Haiqal Fahrezy dari Universitas Tadulako. Favorit Poster Bidang Hukum dan Ekonomi diraih oleh M. Soleh Hariyadi Dalimunthe dan kawan-kawan, dari Universitas Teknologi Sumbawa. Favorit Poster Bidang Social Budaya diraih oleh Putu Putry Agustin dan I Gede Ryoga Kusnanda dari Universitas Udayana. Favorit Poster Bidang Energy Lingkungan diraih oleh Dwi Wulandari dan Asmita dari Universitas Jambi. Favorite Poster Bidang Pertanian diraih oleh Muhammad Rezky Pratama dan tim, dari Universitas Jember. Penghargaan Best Poster diraih oleh Nugra Hani dan tim dari Universitas Sriwijaya. Selain itu juga terdapat penghargaan medali yang diberikan kepada finalis yang menang.

Adapun dewan jurinya adalah Prof. Ir. Suhubdy, Ph.D., Dr. Syafril, S.Pd., M.Pd., Ir. I Wayan Sweca Yasa, M.Si., Muliatiningsih, SP., MP., Ahmad Suriadi, SP., M.Agr.Sc., Ph.D., Rosa Mutianingsih, S.ST., M.Keb., Dr. Abdul Atsar, SH., MH., dan Jamaluddin, S.Pd., MdevPrac.  (ham)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...