Dinas PUPR Akui Penanganan Jalan Duman Terganjal Anggaran

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Lombok Barat (Lobar) mengakui penanganan akses jalan di Desa Duman Kecamatan Lingsar terkendala anggaran. Karena anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) terbatas. Disatu sisi, untuk diusulkan penanganannya melalui DAK terganjal status jalan yang masih jalan desa, sehingga itu menyulitkan pihak dinas. Namun demikian, Dinas PUPR sudah membuat perencanaan penanganan jalan itu sejak dua tahun lalu.

Kepala Dinas PUPR Lobar Made Arthadana mengatakan jalan strategis kabupaten di wilayah itu masuk ruas Duman – Lawang Madia sepanjang 7 kilometer. Itu masuk kategori jalan kabupaten konektivitas. Sedangkan untuk jalan di Dusun Duman Dasan itu, panjangnya 2,7 kilometer. “Dua-duanya ini sudah menjadi bagian perencanaan kita, dan sudah clear. Perencanaan dua tahun lalu,” jelasnya, Selasa, 27 September 2022.

Dijelaskan, dengan status jalan ini masih jalan desa tidak bisa masuk skema DAK baik reguler maupun penugasan. Kalau pun diajukan, pasti dicoret oleh pusat. Dan pihaknya pun sudah mengajukan itu dengan pendekatan hasil Musrenbang. Untuk DAK ini, dari beberapa jalan desa yang diajukan melalui DAK afirmasi yang masuk adalah konektivitas menuju pusat pertumbuhan. Seperti di daerah bagian atas Lembar. “Ada titik dijadikan pertimbangan, yakni potensi pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Karena tak bisa masuk DAK, maka salah satu yang diharapkan dan sudah upayakan masuk ke skema DAU. Akan tetapi kondisi Covid-19 menyebabkan anggaran DAU terbatas, sehingga tak mampu memnbangun jalan Duman. “Jadi kembali ke persoalan anggaran saja, kalau ada anggaran selesai kami buat jalan itu “imbuh dia.

Pihaknya sudah mengusulkan ke APBD. Namun diakui meski perencanaan sudah dibuat, tetapi lagi-lagi terkendala ketersediaan anggaran. Ia pun menyampaikan apresiasi terhadap desa yang pro aktif menginformasikan terkait jalan itu. Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Duman Dasan melakukan aksi blokade jalan sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tak kunjung menangani jalan di daerah itu.(her)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...