Target Retribusi Parkir Mencapai Rp9 Miliar

Mataram (Suara NTB) – Progres pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Realisasi sampai 22 September 2022 mencapai Rp5,7 miliar. Kendati demikian, capaian target memungkinkan bisa dicapai hanya Rp9 miliar dari target Rp28 miliar lebih.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Drs. Muhammad Saleh menerangkan, capaian retribusi parkir yang diperoleh sampai pertengahan bulan September 2022 paling tinggi sepanjang sejarah pendapatan dari retribusi parkir sebelumnya. Jika dibandingkan pendapatan sebelumnya hanya Rp1,9 – Rp3 miliar. Tahun ini, pihaknya dapat mencapai Rp5,7 miliar. Di satu sisi, pihaknya masih memiliki waktu tiga bulan untuk meningkatkan pendapatan dari retribusi parkir. “Ini pendapatan tertinggi sepanjang sejarah pengelolaan parkir,” kata Saleh dikonfirmasi, Senin, 26 September 2022.

Ia menyadari bahwa target Rp28 miliar tidak bisa terlampaui. Karena itu, Dishub hanya mampu menargetkan realisasi sampai akhir Desember mencapai Rp9 miliar. Di tahun 2023 lanjutnya, telah diusulkan perubahan target dari Rp28 miliar menjadi Rp9 miliar atau Rp11 miliar. Perubahan ini disebabkan karena belum diubahnya tarif parkir di Kota Mataram, karena kondisi perekonomian di masyarakat. Kedua, disadari bahwa kekuatan pengawasan masih lemah dari sisi personel.

Dishub harus mengawasi 741 titik parker, bahkan terus mengalami penambahan. Sementara, koordinator lapangan untuk mengawasi titik parkir hanya sembilan orang. “Tetapi Insya Allah, kita di angka Rp11 miliar,” sebutnya.

Optimalisasi PAD dari retribusi parkir terus diupayakan dengan penguatan pengawasan, penguatan sistem non tunai, dan lain sebagainya. Pengawasan ini harus dilakukan secara intensif dan tentunya tidak bisa lepas dari penyediaan sumber daya manusia. Dishub terus berupaya mencari pola untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari retribusi parkir. (cem)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...