Gelar Wisuda Ke-23, STP Mataram Hasilkan Lulusan Siap Kerja

0
Ketua STP Mataram, Halus Mandala saat memindahkan tali toga dalam acara wisuda ke-23 STP Mataram, Sabtu, 24 September 2022.(Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram menggelar wisuda ke-23 di hotel Lombok Vaganza, Sabtu, 24 September 2022. Sebanyak 249 orang diwisuda dalam wisuda kali ini. STP Mataram menghasilkan lulusan yang siap kerja, terbukti sebanyak 30 persen dari total wisudawan sudah bekerja.

Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum., dalam pidatonya mengatakan, Wisuda STP Mataram kali ini adalah yang ke-23 sejak berdirinya Akpar Mataram, sekaligus wisuda keempat setelah perubahan bentuk menjadi STP Mataram dan wisuda kedua bagi Prodi S1 Pariwisata. 249 orang wisudawan STP Mataram terdiri 15 orang dari Progam 1 Tahun Pusdiklat Tyatama, 82 orang dari Program D-III Perhotelan, 13 orang dari Program D-III Perjalanan Wisata, dan 139 orang dari Prodi S1 Pariwisata.

Dengan demikian, sejak berdiri tahun 1996 hingga pelaksanaan wisuda ke-23, STP Mataram telah meluluskan 3.411 orang. Halus mengatakan, para lulusan STP Mataram telah bekerja di berbagai bidang, sebagai PNS, Guru SMK Pariwisata, karyawan hotel, Chef, Barista, Founder atau Owner Industri Pariwisata, kapal pesiar,  dan GM Hotel, seperti GM Lombok Lodge, GM Fave Hotel, GM Lombok Paradise, GM Puri Mas, GM Ekas Break Villa, GM Amanwana Podomoyo, dan GM The Jayakarta Hotel.

Halus juga menyampaikan, para wisudawan tahun ini ada yang memperoleh IPK sempurna 4,00 sekligus sebagai IPK tertinggi, sedangkan IPK terendah adalah 2,62 dan IPK rata-rata 3,54 (lebih tinggi dari rata-rata IPK Wisuda tahun 2021: 3,38 dan IPK wisuda tahun 2020: 3,51) artinya, rerata ini melampaui mutu IPK standar yaitu 3,00 yang telah ditetapkan.

“Para wisudawan yang telah diterima bekerja sebelum diwisuda hari ini sebanyak 77 Orang dari 249 orang wisudawan, sekitar 30 persen telah diterima bekerja,” ujar Halus.

STP Mataram masih eksis menjadi penyelenggara MICE dengan venue 2 meeting room, 2 ballroom, dan 20 room Hotel Lombok Vaganza, dan bahkan secara rutin sebagai venu acara-acara wedding. STP Mataram satu-satunya perguruan tinggi pariwisata yang memiliki 8 doktor Pariwisata, dan salah satunya adalah doktor Pariwisata Perempuan pertama di Nusa Tenggara Barat. Akreditasi program studi yang diselenggarakan adalah Prodi S1 Pariwisata terakreditasi Baik, Prodi D3 UPW terakreditasi B, dan Prodi D3 Perhotelan terakreditasi Baik Sekali.

STP Mataram juga bekerja sama dengan pihak luar negeri dan dalam negeri. Dengan banyaknya acara internasional di Lombok, Halus berpesan kepada wisudawan untuk terus mengembangkan diri.

“Belum cukup hanya mengandalkan knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan affective (sikap) yang Anda miliki saat ini. Anda harus melengkapi dengan experience (pengalaman), responsibility (respon yang cepat dan tepat), dan accountable (pertanggungjawaban publik) yang dalam hal ini pasti diperlukan rekomendasi dari orang-orang hebat. Jika Anda ingin terlibat dalam perhelatan dunia tersebut, pastikan diri Anda orang hebat, tunjukkan bahwa Anda alumni kampus Unggul berbudaya yang berprestasi, Ramah (senyum, salam, sapa), siap menolong, dan service dengan layanan excellent demi kepuasan customer,” jelas Halus.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada wisudawan dan orang tua yang mendampingi putra dan putri. “Kami juga berharap STP Mataram dapat melakikan reorientasi kurikulum, agar memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengambil studi di luar Prodi-nya,” ujarnya.

Sambutan dari dari wisudawan disampaikan oleh wisudawan peraih IPK 4,00, Baiq Fiona Cahya Kastarini. Ia menyampaikan, keberhasilan wisudawan tidak terlepas dari dukungan civitas akademika STP Mataram. Khusunya ia menyampaikan terima kasih kepada dosen STP Mataram yang telah mendidik, mentransfer ilmu, dan pengetahuannya kepada wisudawan.

“Hari ini telah bertambah tanggung jawab moral yang disematkan kepada kita. Mari kita tunjukkan kualitas terbaik dari lulusan STP Mataram,” ujarnya.

Kegiatan wisuda ini juga diisi dengan pembacaan janji wisudawan. Dihadiri juga oleh berbagai instansi yang bekerja sama dengan STP Mataram. (ron)