Dijerat Pasal Berlapis, Tiga Tersangka Korupsi Bansos Kebakaran Terancam Bui Seumur Hidup

Bima (Suara NTB) – Tiga tersangka kasus korupsi dana bansos kebakaran, Sirajudin, Ismud dan Sukardin terancam bui atau penjara seumur hidup. Ketiganya dijerat pasal berlapis Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) nomor 20 tahun 2001.

“Tiga tersangka pemotongan dana bansos kebakaran dikenakan dua pasal UU Tipikor,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima melalui melalui Kasi Intel, Andi Sudirman SH, MH.

Lebih jelas disebutkan, pasal yang disangkakan terhadap Sirajudin, Ismud dan Sukardin yakni pasal 11 atau 12 e. Kata dia, pasal 11 pidana paling singkat 4 tahun dan paling lama penjara 20 tahun.  Sedangkan pasal 12 e, maksimal pidana seumur hidup dengan denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar. “Paling singkat pidana 4 tahun hingga seumur hidup,” katanya.

Terkait kasus dugaan pemotongan dana bansos kebakaran yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu, pihaknya akan mempercepat untuk pelimpahan berkas agar segera disidangkan di Pengadilan Tipikor Mataram.

“Kita percepat berkasnya agar segera dilimpahkan ke penuntut umum dan rencananya persidangan tiga tersangka ini akan digelar di Pengadilan Tipikor Mataram,” katanya.

Andi Sudirman menambahkan saat ini tiga tersangka sudah ditahan selama 20 hari di rumah tahanan berbeda. Sirajudin dititipkan sementara di Rutan Mapolres Bima. Sementara Sukardin dan Ismud ditahan di Mapolres Bima Kota. “Selama waktu 20 hari kedepan kita juga akan lengkapi berkas perkaranya,” pungkas dia. (uki)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...