Pospenas Lotim, Momentum Memupuk Percaya Diri Para Santri

Selong (Suara NTB) – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) resmi dibuka Bupati, H. M. Sukiman Azmy di Pondok Pesantren Baiturrahim Kabar Kecamatan Sakra. Menurut Bupati, gelaran Pospenas merupakan momentum memupuk percaya diri para santri.

Menurutnya, santri harus tampil penuh percaya diri  untuk berbicara di depan orang banyak. “Para santri nantinya akan terbiasa berbicara didepan umum,” ungkap Bupati saat membuka acara pada Kamis, 22 September 2022.

Bupati menyampaikan kegiatan Pospenas ini dianggap sangat penting dilakukan. Menurut orang nomor satu di Lotim ini, pada ajang Pospenas ini merupakan sebuah kesempatan bagi para santri untuk memupuk bakatnya dan menonjolkan jati diri para santri.

Ia menuturkan, saat puncak acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Lombok Timur, Menteri Sosial yang menghadiri acara tersebut meminta anak anak untuk menyampaikan keinginan dan harapannya. Akan tetapi, tidak ada satupun anak-anak yang mau bicara untuk menyampaikan keinginan mereka.

“Saya waktu itu sangat malu sekali, ini pengalaman buruk kita, dari ratusan anak yang hadir itu, dari tingkat SD sampai SMA itu, tidak ada yang berani ngomong padahal apapun yang mereka minta waktu itu pasti akan dikasih,” tutur Bupati.

Karena tidak ada yang mau bicara ibu menteri langsung bertanya ke saya, kenapa anak-anak tidak berani berbicara. Bupati mengaku hal itu cukup menyedihkan baginya.

Dikatakan, ada dua unsur yakni olahraga dan seni. Melalui olahraga kita sehat dengan seni membuat hidup akan jadi lebih indah. Pospenas ini menurutnya secara tidak langsung akan memupuk ketangkasan, kecerdasan dan meningkatkan rasa percaya diri terhadap para santri. Sehingga pengalaman pada acara HAN itu tidak terulang lagi. Ia meminta agar acara seperti ini sering-sering diadakan baik tingkat desa, kecamatan, bahkan tingkat provinsi.

“Dengan acara ini maka anak-anak kita nanti akan tampil dan disaksikan oleh para penonton dan juri, jadi di sana mental dan rasa percaya dirinya akan dibentuk,” ungkapnya.

Pemda Lotim siap mendukung untuk melangsungkan acara-acara seperti itu yang akan berdampak langsung terhadap para santri di Lotim.

Ketua Panitia  Muhammad Zamzami, menyampaikan pelaksanaan Pospenas ini diikuti oleh 44 kontingen yang terdiri dari 523 peserta dari berbagai pesantren yang ada di Lotim.

Tidak semua pesantren yang mengikuti Pospenas ini karena berbagai persoalan, salah satunya karena waktu terbentur waktu yang terlalu singkat sosialisasi. Animo ponpes sangat tinggi. “Masing-masing pesantren mengutus sampai 30 orang santrinya,” ucapnya.

Adapun mata lomba yang dilombakan dalam Pospenas ini adalah dari cabang seni yakni lomba pidato bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Film Video Pendek, Hadroh dan Kaligrafi. Sementara mata lomba bidang olahraga yakni lari 100 meter, lomba lari 200 M. Lomba lompat jauh, tolak peluru dan pencak silat.

Dirinya berharap dengan adanya Pospenas ini, bisa mengembangkan bakat dan kreativitas para santri di Lotim. Ia juga berharap pada tahun depan acara Pospenas di Lotim bisa dilakukan lebih meriah lagi dan diikuti oleh seluruh santri yang ada di Lotim.

Pospenas kali ke sembilan di Kabupaten Lotim ini  diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Pondok Pesantren (FKSPP) Lotim dan Kementerian Agama Lotim serta Yayasan Pondok Pesantren Baiturrahim Kabar. (rus)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...