Hari Ini, STP Mataram Gelar Wisuda Ke-23

Mataram (Suara NTB) –  Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram akan menggelar wisuda ke-23 di Hotel Lombok Vaganza pada Sabtu, 24 September 2022. Sebanyak 249 orang akan diwisuda dalam wisuda kali ini, dan sebanyak 30 persen dari total wisudah sudah bekerja.

Ketua Panitia Wisuda Ke-23 STP Mataram, Ander Sriwi, M.Par., mengatakan, wisuda tahun ini cukup berbeda dibandingkan dua tahun terakhir. Sebelumnya, saat wisuda di masa pandemi Covid-19, para wisuda tidak ditemani pendamping. Namun di wisuda ke-23 ini, wisudawan didampingi oleh satu orang pendamping dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sementara pendamping lainnya ditempatkan di ruangan lain dan bisa memantau prosesi wisuda melalui monitor.

“Tahun ini karena kondisi Covid-19 sudah melandai, sekarang satu pendamping yang masuk,” ujarnya.

Salah satu yang menarik dalam wisuda STP Mataram, tak kurang dari 30 persen atau sebanyak 77 wisudawan dari 249 orang sudah bekerja. Nantinya saat wisuda, tempat bekerja para wisudawan akan ditampilkan.  “Ini sekaligus membuat orang tua merasa bangga, bahwa anaknya bisa langsung bekejra, sekaligus menjadi motivasi bagi temannya yang lain,” ujar Ander.

249 orang wisudawan STP Mataram terdiri 15 orang dari Program 1 Tahun, 82 orang dari Program D-III Perhotelan, 13 orang dari Program D-III UPW, dan 139 orang dari Prodi S1 Pariwisata.

Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum., mengatakan, keberhasilan pihaknya mempersiapkan lulusan yang siap bekerja karena dalam proses perkuliahan pihaknya menguatkan attitude mahasiswa. Selain itu, mengembangkan kemampuan atau skill mahasiswa dengan memperbanyak latihan-latihan. Selain itu menguatkan  pengetahutan atau knowledge mahasiswa.

“Bukan hanya pengtahuan tentang pariwisata, tapi juga penguasaan bahasa. Pengetahuan itu penting, karena industri yang begitu cepat perkembangan, tidak boleh ketinggalan, sebelum diwisuda harus punya pengetahuan yang komplit, dan setelah tamat tidak boleh berhenti belajar,” ujar Halus.

Wisuda kali ini adalah yang ke-23 sejak berdirinya Akpar Mataram, sekaligus wisuda keempat setelah perubahan bentuk menjadi STP Mataram dan wisuda kedua bagi Prodi S1 Pariwisata.

Dengan demikian, sejak berdiri tahun 1996 hingga pelaksanaan wisuda ke-23, Lembaga ini telah meluluskan 3.411 orang. Mereka telah bekerja di berbagai bidang, sebagai PNS, Guru SMK Pariwisata, karyawan hotel, Chef, Barista, Founder atau Owner Industri Pariwisata, kapal pesiar,  dan GM Hotel, seperti GM Lombok Lodge, GM Fave Hotel, GM Lombok Paradise, GM Puri Mas, GM Ekas Break Villa, GM Amanwana Podomoyo, dan GM The Jayakarta Hotel.

“STP Mataram satu-satunya perguruan tinggi pariwisata yang memiliki 8 doktor pariwisata, dan salah satunya adalah doktor  Pariwisata Perempuan pertama di Nusa Tenggara Barat,” ujar Halus. (ron)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...