Tak Ada Jaringan, Pelajar SMP Satap di Bima Gelar ANBK di Atas Bukit

Bima (Suara NTB) – Tenda berwarna hijau digunakan siswa-siswa SMPN 2 Satu Atap (Satap) Lere Kecamatan Parado Kabupaten Bima sebagai peneduh saat melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022.

Pihak sekolah membangun tenda diatas bukit ini, agar bisa mendapatkan signal jaringan internet. Selain itu, jarak yang ditempuh guru dan siswa cukup jauh yakni sekira 7 kilometer dari lokasi sekolah.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 2 Satap Lere Parado, Dedi Damarnto S.S mengakui pelaksanaan ANBK siswa-siswi sekolah yang dipimpinnya berbeda dengan siswa-di sekolah-sekolah kebanyakan,  yakni menggelar ANBK di luar kelas. “ANBK biasanya di gelar dalam kelas. Tapi kita justru di luar kelas dan di atas bukit,” katanya.

Dedi mengaku pihaknya terpaksa menggelar ANBK di atas bukit untuk memastikan agar tetap lancar. Pasalnya jika digelar di sekolah, dipastikan ANBK takkan bisa digelar karena kendala jaringan. “ANBK berlangsung selama 2 hari digelar di atas bukit karena kendala jaringan internet,” ujarnya.

Hal tersebut juga diakui Kepala Desa Lere Kecamatan Parado, Dahlan SH. Ia mengaku cukup prihatin pelaksanaan ANBK di atas bukit karena membahayakan bagi siswa-siswi. Hanya saja hal itu terpaksa dilakukan demi kelancaran ANBK.

“Cukup prihatin kita, karena lokasi ANBK tidak aman bagi siswa-siswi. Tapi mau tidak mau harus digelar di bukit untuk dapatkan jaringan internet,” katanya.

Untuk itu, Kades berharap kebutuhan jaringan internet di wilayah Desa Lere bisa menjadi prioritaskan Pemerintah Daerah kedepan. Karena akses internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sekolah dan pelayanan publik pemerintahan lainnya. “Kami harapkan sinyal jaringan internet bisa dibangun di Desa Lere karena ini kebutuhan,” pungkasnya. (uki)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...