Kasus Korupsi Bansos Kebakaran, Bupati Copot Sementara Sirajudin dari Jabatan Asisten I

Bima (Suara NTB) – Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE mencopot sementara Sirajudin dari jabatan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bima.

Pencopotan mantan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Bima itu buntut dari kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) kebakaran yang disangkakan terhadap dirinya. Saat ini yang bersangkutan sudah ditahan.

“Sirajudin sudah dibebastugaskan menyusul yang ditetapkan tersangka dan resmi ditahan terkait kasus pemotongan dana bansos kebakaran,” kata Bupati Bima melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Suryadin S.S  M.Si.

Sesuai aturan lanjut Suryadin, pejabat yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan maka yang bersangkutan akan diberhentikan sementara dalam jabatannnya.

“Pemberhentian sementara ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS,” ujarnya.

Suryadin menegaskan pemberhentian sementara dilakukan agar yang bersangkutan fokus menjalani proses hukum yang sedang dijalaninya. Kalaupun nanti tidak terbukti bersalah, posisi dan jabatannya akan dikembalikan.

“Biar lebih fokus menjalani proses hukum dan kalau tak terbukti, jabatannya nanti akan dikembalikan semula,” katanya.

Terlepas dari itu tambah Suryadin, Bupati Bima yang juga Pejabat Pembina Kepegawaian hingga saat ini belum membahas ataupun menunjuk pejabat yang akan mengantikan atau mengisi posisi Asisten I pasca Sirajudin dicopot.

“Terkait penggantinya, hingga kini belum dibahas. Mungkin nanti akan ditunjuk PLt atau ada pejabat yang dilantik,” katanya.

Suryadin memastikan, pengisian jabatan harus melalui mekanisme keputusan Kepala Daerah. Begitupun dengan pengganti pejabat yang dinonaktifkan sementara juga harus melalui surat keputusan.

“Bupati saat ini juga masih menunggu salinan surat penetapan tersangka dan penahanan Sirajuddin sebagai dasar  pengambilan keputusan,” pungkasnya. (uki)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...