3.500 Penumpang Menyeberang ke Bali Lewat Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) – Sejak mulai dibuka empat bulan lalu, persisnya tanggal 23 Juni 2022, tercatat sebanyak 3.500 orang penumpang menggunakan jasa penyeberangan kapal cepat dari pelabuhan Senggigi, Lombok Barat (Lobar) menuju Padangbai, Bali. Pelabuhan yang sebelumnya mati suri itupun sudah mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) ke Pemkab Lobar.

Selama empat bulan terakhir total PAD yang dihasilkan sebesar Rp66.744. Kepala UPT Pelabuhan Senggigi, Herman Zulkifli, menyebut sejauh ini jumlah operator yang melayani rute penyeberangan Senggigi-Padangbai baru satu. Dengan jumlah kapal yang melayani sebanyak tiga kapal. Dalam sehari, penyeberangan satu trip. Dimana tiga kapal ini melayani secara bergiliran (rolling).

“Penumpang dalam sehari itu rata-rata sekarang 50 orang lebih. Kalau kita hitung satu bulan kemarin (Agustus), penumpang yang menyeberang lewat Senggigi saja sebanyak 1.200-1500 orang,”sebut dia.

Sejak dibuka empat bulan lalu, jumlah total penumpang yang  menyeberang mencapai 3.500 orang lebih. “Sudah lebih dari 3.500 orang penumpang, apalagi kalau ada grup-grup. Kita pernah kewalahan melayani 117 orang yang dilayani sekali berangkat,” katanya. Sejauh ini dari pelayanan penyeberangan rute ini, pihaknya mendapatkan retribusi dari kapal.

“Selama empat bulan ini, kami sudah setor PAD Rp66 juta lebih, kami ditarget Rp100 juta. Kami optimis bisa mencapainya,” tegasnya. Dikatakan, ada dua operator yang juga ingin masuk melayani rute tersebut. Ia sendiri sangat optimis segera terealisasi. Karena menurut dia, Senggigi saat ini menjadi tujuan bahkan favorit bagi penumpang. Dibanding ke daerah KLU, karena jaraknya yang jauh.

Tinggal kata dia, bagaimana pengaturan di kawasan itu. Seperti penyiapan transportasi darat, travel agen dan kendaraan lainnya. Ia juga berharap agar operator yang nantinya melayani rute ini dibuka jadwal penyeberangan siang hari dan sore hari. Sehingga tamu bisa berangkat kapan saja. Kalau dari sisi kesiapan pihak UPT sendiri, ia mengaku tidak ada kendala. Namun demikian pihaknya berharap agar ada penambahan personel terutama yang non muslim. (her)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...