Jaring Ide Kreatif Anak Muda, Brida NTB Gelar Brida Startup Pitch Competitions

Mataram (Suara NTB) – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA NTB) berkolaborasi dengan HIPMI NTB menggelar kegiatan BRIDA Startup Pitch Competitions yang menjadi salah satu rangkaian event Mataram Fair 2022.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala BRIDA NTB H. Wirawan S.Si, MT, Senin, 19 September 2022 di Lapangan Parkir Timur Lombok Epicentrum Mall, Mataram dan dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Wirawan mengatakan, kegiatan ini lahir untuk memberikan kesempatan kepada seluruh peserta terbaik dari kalangan anak muda untuk memperkenalkan ide kreatif mereka di hadapan pengunjung dan dewan juri.

Pose bersama Kepala BRIDA NTB, juri dan peserta kegiatan BRIDA Startup Pitch Competitions yang digelar di Lapangan Parkir Timur Lombok Epicentrum Mall, Mataram, Senin, 19 September 2022.

Ia menuturkan, pihaknya di BRIDA telah melakukan survei terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap program-program unggulan Pemprov NTB.  Survei internal ini memperlihatkan hasil yang menggembirakan, terutama terkait dengan kegiatan pembinaan UMKM dan Startup yang menjadi bagian dari kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh BRIDA.

“Ketika responden ditanya bagaimana bentuk dukungan Pemprov NTB terhadap keberadaan UMKM? Jawaban responden yaitu sebanyak 94 persen menjawab mendukung dan 6 persen menjawab sangat mendukung. Jadi sehingga tak ada satu pun responden yang menjawab Zul-Rohmi tak mendukung pengembangan UMKM di NTB,” ujar Wirawan.

BRIDA Startup Pitch Competitions, lanjut Wirawan, merupakan bagian dari upaya mendorong sebanyak mungkin anak-anak muda masuk ke aktivitas bisnis, terutama yang paling lekat dengan generasi muda kekinian yaitu bisnis digital.

Saat ini BRIDA sedang mengimput daftar inovasi daerah dalam aplikasi yang telah disediakan oleh pemerintah pusat untuk menilai sejauh mana inovasi yang dimiliki oleh setiap Pemda di Indonesia. Di tahun 2021, NTB mengirimkan sebanyak 80 inovasi dengan indeks 76,5, hal ini menjadikan NTB provinsi terinovatif Nomor 2 se Indonesia. Sementara di tahun 2022 ini telah dikirim sebanyak 129 inovasi dari NTB dengan indeks sementara 80 lebih.

“Jadi ada peningkatan, baik dari sisi jumlah maupun nilai indeks inovasi. Keberhasilan NTB dalam meraih indeks pretasi daerah,tak terlepas dari elemen dukungan elemen masyarakat. Kegiatan BRIDA Startup Pitch Competitions pada hari ini akan menambah inovasi daerah asal NTB,” tutupnya.

BRIDA Startup Pitch Competitions ini diikuti 10 Startup terbaik yang telah melalui proses seleksi. Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi para anak muda dan pelaku bisnis di Provinsi NTB untuk terus produktif dan go digital mengikuti permintaan pasar dan konsumen secara keseluruhan.(ris)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...