Usulkan Anggota BPJS Ketenagakerjaan Mandiri Terima BSU

KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB I Gede Putu Aryadi, S.Sos., M.H., mengakui anggota BPJS Ketenagakerjaan mandiri di Indonesia belum menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). Menurutnya, pekerja yang mendaftar sendiri sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan harus menerima BSU.

“Mereka inilah yang sebenarnya yang harus menerima BSU dari pemerintah, karena mendaftar secara mandiri sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan” ungkapnya saat dikonfirmasi Suara NTB, kemarin.

Diakuinya pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja yang menerima BSU adalah pekerja penerima upah dan pekerja mandiri tidak. Untuk itu, mantan Kepala Dinas komunikasi, Informatika dan Statistik NTB ini akan berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar pekerjaan mandiri bisa menerima BSU di masa mendatang.

Menurutnya, pekerja mandiri hanya menerima perlindungan saat terjadi masalah saja. Pihaknya ingin agar pekerja penerima upah dan pekerja mandiri sama-sama menerima BSU. Apalagi banyak pekerja mandiri yang berprofesi sebagai petani atau nelayan, sehingga mereka membutuhkan BSU sebagai bentuk kompensasi akibat kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.

“Ke depan sebaiknya itu yang harus dikedepankan untuk menerima BSU,” ujarnya.

Sekarang ini ujarnya belum semua pekerja penerima upah yang sudah menerima BSU. Menurutnya ada dua tahapan dalam penyaluran BSU kepada pekerja penerima upah. Jika penerima upah pada tahap pertama belum menerima BSU pihaknya mengharapkan akan mendapatkan pada tahap kedua.

Mengenai jumlah pekerja penerima upah yang menerima BSU di NTB sebanyak 141.190 orang. Sebagian besar di antara pekerja penerima upah ini sudah menerima BSU pada tahap pertama. Namun, masih ada pekerja penerima upah yang belum menerima BSU dan akan disalurkan pada tahap kedua melalui bank anggota Himbara. (ham)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...