Tekan Angka Stunting, BKKBN Apresiasi Lotim

Selong (Suara NTB) – Kepala BKKBN pusat, Hasto Wardoyo mengapresiasi Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang dinimai berhasil menurunkan prevalensi stunting selama empat tahun terakhir.  Padahal diketahui sebelumnya, prevalensi stunting di Lotim tinggi.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PKP) Sekreatriat Daerah Kabupaten Lotim, Hadi Fathurrahman dalam rilisnya, Selasa, 20 September 2022. Disampaikan, usai rembuk stunting telah dibentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Kepala BKKBN yang mengikuti kegiatan secara daring mengingatkan agar Lotim terus melakukan upaya pencegahan stunting dengan cara bergotong royong  bersama masyarakat dan seluruh jajaran pemerintah daerah Lotim. Kepala BKKBN juga meminta mengoptimalkan berbagai potensi yang ada. Termasuk dana alokasi khusus (DAK).

Hadi Fathurrahman menyampaikan, Kepala BKKBN telah mengukuhkan Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy sebagai Orang Tua Asuh Pencegahan Stunting. Sementara, Ketua TP PKK Hj. Hartatik Sukiman Azmy dinobatkan sebagai duta pencegahan stunting di Lotim. Ketua GOW Hj. Siti Kudsiah Rumaksi sebagai duta pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selanjutnya Ketua Dharma Wanita Hj. Siti Nurhidayati Juaini Taofik sebagai duta Gender Champion Lotim.

Bupati Lotim mengataan target akhir masa jabatannya menjadi Bupati 2024 mendatang, tersisa stunting di Lotim 14 persen. Kondisi saat ini Lotim memiliki 152.696 keluarga berisiko stunting dari 255.891 keluarga sasaran (59,67 perssen). Sementara itu jumlah sasaran pendampingan sebanyak 9.970 pengantin, 25.887 ibu hamil dan 25.887 ibu pasca salin.

Tahun 2018 angka stunting di Lotim mencapai 47 persen. Data terakhir 2022 ini, prevalensi stunting 17,8 persen. Dari 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi NTB, Lotim berhasil mencapai urutan ke-6 dari sebelumnya di posisi ke-9.

Dalam upaya penekan stunting ini, Lotim sendiri memiliki 3.063 Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan, kader PKK dan kader KB yang tersebar di 21 kecamatan dan 254 desa/kelurahan.  Lotim optimis dapat meraih target 14 persen sesuai target nasional. (rus)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...