NTB Jadi Primadona, Sementara, 15 Kapal Pesiar Daftar di Pelabuhan Gili Mas

Mataram (Suara NTB) – Minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke NTB tahun 2023 mendatang cukup tinggi, khususnya yang menggunakan kapal pesiar. Hingga pertengahan September 2022 ini, kapal pesiar yang sudah mendaftarkan diri untuk sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Kabupaten Lombok Barat sebanyak 15 unit.

Jumlah kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Lembar ini masih akan terus bertambah, karena manajemen PT.Pelindo III Cabang Lembar membuka pendaftaran sandar di pelabuhan secara online. ‘’Baru 15 kapal pesiar yang sudah daftar. Hingga akhir tahun 2023 mungkin akan bertambah, karena kita buka pendaftaran secara online,’’ ungkap General Manager PT. Pelindo III Cabang Lembar Baharuddin pada Suara NTB akhir pekan kemarin.

Dari 15 kapal pesiar yang sudah daftar itu, ujarnya, ada satu kapal pesiar ukuran raksasa dijadwalkan sandar sekitar bulan Maret dan April 2023. Panjang kapal pesiar itu adalah 330 meter dan bisa mengangkut 5.000 penumpang.

Pihaknya mengklaim fasilitas di Pelabuhan Gili Mas, telah memenuhi syarat untuk sandar kapal pesiar ukuran besar. Hanya saja, saat kapal pesiar ini akan sandar pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan NTB terkait pola operasi di dua pelabuhan yang ada di Lembar.

Selain itu, lanjutnya, jumlah kapal pesiar yang akan sandar tahun 2023, berpotensi bertambah. Apalagi jika Pelabuhan Benoa Bali penuh, maka akan dialihkan sandar ke Pelabuhan Gili Mas Lembar.

Sementara pada 2022 ini, masih ada 4 kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Gili Mas pada akhir bulan Oktober sampai Desember mendatang. Satu kapal pesiar tersebut, sebut Baharuddin, diperkirakan mengangkut sebanyak 1.500 – 2.500 wisatawan mancanegara.

Pada bagian lain, tambahnya, kedatangan belasan kapal pesiar pada 2023 mendatang akan berdampak terhadap perekonomian NTB dan arus kunjungan wisatawan mancanegara. Untuk itu, agar menarik minat wisatawan turun dari kapal pesiar, perlu disiapkan paket-paket wisata.

Dalam hal ini, pihaknya ingin agar penumpang kapal pesiar tersebut tidak hanya berdiam diri di dalam kapal, tapi turun menikmati objek-objek wisata yang ada di Pulau Lombok, khususnya. Jika ini terjadi, maka pelaku UKM atau UMKM akan mendapatkan nilai tambah dengan keberadaan Pelabuhan Gili Mas tersebut. Begitu juga pelaku pariwisata yang ada di NTB bisa mendapatkan paket wisata dengan mengantar wisatawan ke beberapa objek wisata yang ada di daerah ini. (ham)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...