Jabatan Kepala Puskesmas Segera Diisi

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram H. Mohan Roliskana segera mengisi jabatan Kepala Puskesmas Babakan. Pejabat sebelumnya tersandung masalah hokum, sehingga pejabat pelaksana harian ditunjuk agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Sementara ini, Pak Kadis Kesehatan mengambil alih menjadi Plh dulu,” kata Walikota dikonfirmasi, kemarin.

Kepala Puskesmas Selaparang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Puskesmas Babakan. Yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polresta Mataram terkait dana kapitasi.

Walikota akan meminta Dinas Kesehatan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram segera mempersiapkan proses pergantian dan atau pengisian jabatan kosong tersebut. “Nanti saya minta BKPSDM dan Dikes menyiapkan untuk pengisian,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. H. Usman Hadi menambahkan, pasca penetapan Kepala Puskesmas Selaparang sebagai tersangka oleh Polresta Mataram, pihaknya langsung mengambil alih pekerjaan agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan. “Sementara ini, saya dulu sebagai Plh-nya,” kata Usman.

Mantan Kepala Puskesmas Babakan tersebut diberhentikan sementara waktu agar lebih fokus menjalani proses hukum. Sementara, status kepegawaiannya diserahkan ke BKPSDM untuk menindaklanjuti ke pejabat pembina kepegawaian sembari menunggu putusan berkekuatan hokum tetap dari pengadilan. “Kita tunggu hasil putusan pengadilan dulu,” katanya.

Usman mengingatkan, kasus ini harus menjadi pembelajaran bagi kepala puskesmas, staf, dan pegawai di Lingkup Dinas Kesehatan agar berhati-hati mengelola anggaran. Tidak hanya dana kapitasi lanjutnya, pengelolaan anggaran apapun bentuknya harus mengikuti petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis serta peraturan perundang-undangan, agar tidak ada lagi pegawai tersandung hukum yang dapat merugikan diri sendiri.  “Tidak hanya dana kapitasi. Anggaran apapun harus sesuai aturan,” katanya mengingatkan. (cem)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...