Imigrasi Mataram Gelar Sosialisasi M-Paspor

Selong (Suara NTB) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar sosialisasi Aplikasi M-Paspor kepada masyarakat Desa Masbagik Selatan, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Rabu, 21 September 2022.

 

Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Masbagik Timur dan dibuka secara langsung oleh Wiryawan selaku Kades Masbagik Selatan. Materi dipaparkan oleh Ahmad Husny selaku Kepala Unit Layanan Paspor Lombok Timur dan Hudi Hutoro selaku Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian.

 

Selain memaparkan secara rinci mengenai layanan paspor dan tata cara penggunaan aplikasi M-Paspor, Husny juga mendorong masyarakat desa khususnya yang ingin bekerja ke luar negeri sebagai PMI agar melalui jalur yang resmi.

 

“Bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri silakan mendaftar melalui PJTKI resmi dan apabila rekomendasi Disnaker-nya sudah ada bisa kami proses pembuatan paspornya,” ucapnya.

 

Husny juga menjelaskan pentingnya calon PMI untuk berangkat melalui jalur resmi. “Dengan terdaftar secara resmi maka perusahaan yang menaungi jelas, penempatan kerja di mana juga jelas, sehingga calon PMI akan terlindungi kalau terjadi sesuatu di luar negeri,” terangnya.

 

Dalam kesempatan ini, selain memaparkan mengenai layanan paspor, para pembicara dalam kegiatan itu juga memberikan berbagi informasi seputar fungsi-fungsi lain yang diemban imigrasi. Fungsi tersebut di antaranya adalah fungsi pengamanan negara dan penegakan hukum demi tegaknya kedaulatan negara. (fan/*)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...