Imigrasi Mataram Gelar Sosialisasi M-Paspor

0

Selong (Suara NTB) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar sosialisasi Aplikasi M-Paspor kepada masyarakat Desa Masbagik Selatan, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Rabu, 21 September 2022.

 

Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Masbagik Timur dan dibuka secara langsung oleh Wiryawan selaku Kades Masbagik Selatan. Materi dipaparkan oleh Ahmad Husny selaku Kepala Unit Layanan Paspor Lombok Timur dan Hudi Hutoro selaku Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian.

 

Selain memaparkan secara rinci mengenai layanan paspor dan tata cara penggunaan aplikasi M-Paspor, Husny juga mendorong masyarakat desa khususnya yang ingin bekerja ke luar negeri sebagai PMI agar melalui jalur yang resmi.

 

“Bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri silakan mendaftar melalui PJTKI resmi dan apabila rekomendasi Disnaker-nya sudah ada bisa kami proses pembuatan paspornya,” ucapnya.

 

Husny juga menjelaskan pentingnya calon PMI untuk berangkat melalui jalur resmi. “Dengan terdaftar secara resmi maka perusahaan yang menaungi jelas, penempatan kerja di mana juga jelas, sehingga calon PMI akan terlindungi kalau terjadi sesuatu di luar negeri,” terangnya.

 

Dalam kesempatan ini, selain memaparkan mengenai layanan paspor, para pembicara dalam kegiatan itu juga memberikan berbagi informasi seputar fungsi-fungsi lain yang diemban imigrasi. Fungsi tersebut di antaranya adalah fungsi pengamanan negara dan penegakan hukum demi tegaknya kedaulatan negara. (fan/*)