DPRD Ingatkan Bupati Soal Utang

Selong (Suara NTB) – DPRD Lombok Timur (Lotim) mengingatkan Bupati soal utang yang ada di PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT Bank NTB Syariah. Melalui pandangan fraksi-fraksi yang disampaikan Asmat dalam sidang paripurna, Selasa, 20 September 2022, wakil rakyat ini juga mempertanyakan soal realisasi pinjaman tersebut.

Selain itu, anggota DPRD Lotim ini mempertanyakan soal kontribusi dari Perusahaan daerah PD Agro Selaparang dan Perusahaan Daerah PT Energi Selaparang. Disoal, adakah rencana Pemkab untuk menggabungkan Perusda ini menjadi Perumda mengingat hutang dari kedua Perusda ini menumpuk akibat kekurangan pengawasan keuangan, dan mohon untuk pencairan penyertaan modal agar diketahui oleh DPRD .

Terhadap BUMD itu juga, diminta agar dapat dilakukan audit setiap tahun anggaran. Hasil auditnya diharapkan bisa disampaikan kepada DPRD sebagai bahan mengambil keputusan.

Menjawab tanggapan fraksi tersebut, Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy menjelaskan, pinjaman pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang bersumber dari PT. SMI sebesar Rp155 miliar dan sudah terealisasi sebesar Rp108,50 miliar. Sisanya sesuai Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pinjaman PEN Daerah akan direalisasikan November 2022 mendatang.

Selanjutnya untuk pinjaman Daerah dari PT. Bank NTB Syariah, saat ini Pemkab sudah mengajukan pencairan tahap pertama sebesar Rp65,273 miliar. Tetap pmengacu pada  KAK, pencairan terakhir bulan Nopember 2022.

Terkait BUMD, di mana PD. Agro Selaparang dan PT. Selaparang Energi diakui Bupati belum memberikan kontribusi dalam bentuk deviden tahun anggaran 2022 PD. Agro Selaparang dan PT. Selaparang Energi mendapat tambahan penyertaan modal. Karena itu  diharapkan manajemen kedua perusahaan daerah ini dapat memaksimalkan penyertaan modal tersebut dan dapat memberikan kontribusi berupa deviden pada tahun anggaran 2022. (rus)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...