81 Kasus 3C Hasil Operasi Jaran Diupayakan RJ

Mataram (Suara NTB) – Polresta Mataram, tengah mengupayakan untuk melakukan pemulihan kerugian (restoratif justice) terhadap 81 kasus tindak pidana pencurian hasil pengungkapan selama operasi jaran tahun 2022. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa pertimbangan salah satunya kerugian korbannya di bawah Rp2,5 juta dan ada juga pelakunya melibatkan anak- anak.

“Total kasus yang kita ungkap selama operasi jaran ada 137 kasus dengan tersangka sebanyak 163 orang dan 81 kasus kita upayakan restoratif justice, ” ujar Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa, S. IK., MH, didampingi Kasat Reskrim Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST., S.IK, Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah, S.IK, saat rilis hasil operasi jaran 2022, Selasa, 20 September 2022.

Meski RJ lanjutnya, tidak semata-mata aspek hukumnya berhenti begitu saja. Melainkan tetap akan diproses sesuai ketentuan hukum berlaku. Upaya tersebut merupakan komitmen dari aparat penegak hukum, khususnya Polresta Mataram untuk menekan terjadinya tindak pidana. Karena yang dikhawatirkan terjadi, jika RJ diberlakukan begitu saja tidak akan memberikan efek jera bagi para pelaku nantinya. “Memang kita lakukan RJ, tetapi aspek hukumnya tetap berjalan untuk memberikan efek jera,” sebutnya.

Dirincikannya, selama operasi jaran tahun 2022 ada 113 kasus pencurian dengan pemberatan (curat), 11 kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan 13 kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Pengungkapan terhadap kasus tersebut cenderung meningkat dari tahun sebelumnya. Termasuk juga target operasi (TO) yang ditetapkan hanya 10 orang melampaui target menjadi 16 orang. “Memang kasus yang kita ungkap cenderung meningkat dibandingkan tahun lalu dan kami akan terus berupaya maksimal memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Mataram,” tandasnya. (ils)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...