Wabup Sumbawa Jajal Matemega, Beri Bantuan hingga Namai Air Terjun

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany berhasil pecah telur, sebagai Kepala Daerah pertama di Sumbawa yang berhasil menjajal “negeri di atas awan” Matemega, desa Marenre kecamatan Alas. Memberikan bantuan sembako hingga menamai air terjun baru di wilayah tersebut dengan sebutan air terjun Gemilang Matemega.

Selama dua hari 17-18 September, Hj. Novi dalam kapasitas sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sumbawa bersama rombongan Srikandi lainnya, Kepala Dinas Pertanian, Wayan Rusmawaty M.Si, Kepala Dinas P2KBP3A, Jannatul Falah, Sekdis Kesehatan, dr. Nita Ariyani dan Kepala Dinas Kominfotiksandi, Tri Karyati dan lainnya. Menempuh perjalanan sulit karena kondisi jalan setapak berbukit yang terjal dan berkelok.

“Setahu saya, baru kali ini kepala Daerah (Bupati/Wabup) Sumbawa yang datang langsung ke Matemega. Jadi saya pecah telur ini,” ujarnya bangga, saat ditemui Suara NTB, Senin, 19 September 2022, di ruang kerjanya.

Tiba di Matemega, Wabup bersama tim melakukan sosialisasi upaya penurunan Stunting dan penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sekaligus pelayanan kesehatan ibu hamil dan menyusui. Kemudian menyerahkan bantuan sembako kepada 100 orang. Berupa  beras, minyak goreng dan mie. Serta bantuan 30 ribu bibit ikan kepada 10 kelompok.

Penyuluhan ini menurutnya penting dilakukan. Mengingat pola hidup dan kebutuhan asupan gizi masyarakat yang masih kurang. Akibat kesulitan mendapatkan sembako karena akses jalan yang sulit dan jauh ke wilayah kecamatan apalagi ke kota Sumbawa.

“Wilayahnya yang terpencil membuat mereka sulit mendapatkan makanan pokok. Kebutuhan akan garam beryodium saja sulit mereka dapatkan. Makanya nanti kita support. Lahan pertanian mereka juga terbatas, hanya menanam padi ladang,”kata Wabup berusaha menggambarkan kondisi sulit yang dialami warga Matemega.

Untuk membenahi aksesibilitas, Wabup telah miminta Bappeda Sumbawa untuk membuat program perbaikan pada titik titik jalan yang dianggap parah. Sambil berusaha melobi pemerintah pusat untuk pembangunan jalan yang layak ke wilayah tersebut.

“Kita akan upayakan lobi pusat. Sebab potensi alam di Matemega luar biasa. Seperti buah durian, kopi dan alamnya yang masih alami. Apalagi kopi arabikanya bisa menghasilkan 200 ton setiap panen,” tukasnya.

Wabup juga bangga dengan Matemega, selain air terjun Agal yang sudah terkenal, Wabup juga melihat adanya air terjun baru di wilayah tersebut. Hj. Novi pun menandai air terjun tersebut dengan memberi nama “air terjun Gemilang Matemega,” sebutnya. (arn)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...