Akhirnya, Terminal Segenter dan Pelabuhan Senggigi Sumbang PAD ke Pemda

Giri Menang (Suara NTB) – Setelah mati suri bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun lamanya, kini terminal Segenter Lembar dan dermaga Senggigi Kecamatan Batulayar serta Pelabuhan Tawun Sekotong hidup kembali. Terminal dan pelabuhan pun sudah mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejauh ini, dari retribusi pelabuhan saja masuk ke daerah Rp93 juta. Begitupula retribusi Terminal Parkir Segenter sudah masuk ke daerah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lobar H. M. Najib mengatakan retribusi dari terminal parkir mulai ditarik oleh pihaknya. “Saran dari Inspektorat, cukup diberikan gratis 15 hari. Sekarang sudah kami mulai tarik retribusi itu,”terang Najib, Senin, 19 September 2022.

Semenjak mulai dioperasikan, masa pemberlakuan parkir gratis bagi kendaraan yang parkir sudah dilakukan selama 15 hari. Hal itu dilakukan sebagai bentuk promosi bagi sopir truk yang turun dari beberapa pelabuhan, seperti ASDP, Pelindo, dan Gili Mas. Yang jumlahnya mencapai 700 unit per harinya.

Ia menyebut, dalam sehari terdapat 400-500 kendaraan truk sedang (TS) yang keluar masuk parkir di terminal itu. Retribusi pun sudah diatur berdasarkan Peraturan Bupati (perbup) di mana satu kendaraan dikenakan Rp10.000. Yang menginap kemungkinan dikenakan Rp15-20 ribu. Sembari mengoperasikan terminal itu, pihaknya melakukan pembenahan. Seperti menyiapkan tempat istirahat bagi sopir, tempat duduk, fasilitas MCK. Dan pihaknya juga membenahi pintu masuk ke terminal itu.

Sementara itu, total pendapatan yang masuk dari retribusi dermaga pelabuhan di Senggigi dan Tawun mencapai Rp93 juta dalam dua-tiga bulan ini. “Itu (Dermaga Senggigi, red) sebelumnya nol, karena mati suri,” kata dia kemarin.

Dari upaya membuka rute pelayanan penyeberangan dari Senggigi – Padangbai Bali telah mampu memberikan kontribusi terhadap daerah. Di mana per bulan itu, bisa menyetor belasan juta rupiah. Tidak saja PAD, dengan adanya rute itu kawasan Senggigi menjadi lebih hidup, karena banyak tamu domestik yang menyeberang dari sana.  (her)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...