Zul-Rohmi Torehkan Sejarah, Jadi Landasan Pembangunan NTB ke Depan

PEMERINTAHAN Gubernur  NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., dan Wakil Gubernur (Wagub), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., (Zul-Rohmi) dinilai telah mampu menorehkan sejarah dengan keberhasilan menggelar berbagai acara skala nasional dan internasional selama empat tahun memimpin. Keberhasilan ini jadi landasan pembangunan ke depan.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (Unram), Dr. M. Firmansyah pada Sabtu, 17 September 2022. Menurutnya, dari keberhasilan selama ini, yang ingin ditonjolkan bahwa NTB punya sejarah. ‘’Sejarah ini penting bagi landasan pembangunan ke depannya, bahwa NTB sedang membangun beberapa landasan untuk pengembangan ekonomi kreatif berupa sport tourism. Tinggal ke depannya bagaimana mengemas ekonomi kreatif,’’ jelas Firmansyah.

Menurutnya, Zul-Rohmi sudah mengawali sejumlah keberhasilan di bidang acara internasional seperti menyelenggarakan WSBK, MotoGP, MXGP, dan berbagai acara lainnya. Dari aspek pendidikan, beasiswa juga terus berlanjut. Saat ini, Zul-Rohmi perlu memikirkan langkah selanjutnya agar ekonomi lokal bisa bertumbuh.

“Sekarang tinggal bagaimana menjadikan ekonomi lokal ini bisa bertumbuh dari investasi yang masuk. Atau standarnya itu ada masyarakat yang bertumbuh baik, ada bisnis yang juga naik kelas, bila perlu pebisnis lokal naik kelas menjadi pebisnis nasional. Walaupun ini bukan ranahnya Pemda atau pemerintah, tapi ada semacam doroangan atau insentif bagi pebisnis lokal tumbuh dalam skala lebih besar. Saya kira keberhasilan bisa jadi acuan Langkah awal untuk pengembangan NTB ke depan,” jelas Firmansyah.

Selain itu, untuk satu tahun ke depan, Firmansyah menyarankan, pemerintah perlu menyelesaikan beberapa landasan yang sudah dibangun oleh pemerintah. Beberapa hal yang perlu diseriusi mengenai investasi atau landasan bisnis, dan kawasan industri yang rencananya dikembangkan.

“Bagaimana memastikan kawasan itu bisa berlanjut kemudian hari, itu sangat penting dipikirkan, kita punya Global Hub dan Samota yang belum sepenuhnya jalan, itu perlu disiapkan untuk naik ke tahap selanjutnya. Tahap peletakan pembangunan sudah, tahapan selanjutnya perlu dipikirkan. Kalau awalnya inkubasi bisnis, selanjutnya ‘melepaskan’ bisnis itu. Harus ada peningkatan, pola-pola ini yang perlu dibangun dalam tata kerja pemerintahan. Kalau lima tahun ini menyelesaikan A, ke tahap berikutnya menyelesaikan B, itu karakteristik pemerintahan yang sukses secara umum,” jelas Firmansyah.

Konteks lainnya, kata Firmansyah, ada beberapa yang perlu dipikirkan walau tidak sepenuhnya jadi kewenangan pemerintah, seperti harga tiket pesawat yang masih melonjak. Kondisi itu akan mengganggu pariwisata di daerah. “Ini memang urusan bisnis, tetapi tentu pemerintah bisa merangkul untuk mencari solusi dengan pengusahan tingkat lokal dan nasional dengan maskapai atau dengan cara lain, sehingga sirkulasi keluar masuk orang bisa lebih padat,” ujarnya.

Pemerintah juga bisa merancang acara skala nasional dan internasional. Firmansyah mengatakan, Lombok dikenal bukan hanya di tataran lokal dan nasional, tapi juga internasional. Kondisi itu harus dimanfaatkan.

“Identifikasi acara apa yang bisa dipersiapkan, seperti Banyuwangi sampai 99 event. Terutama event yang menopang pariwisata. Ekonomi itu, bagaimana mendatangkan orang dan mendatangkan modal,” jelas Firmansyah.

Namun demikian, Firmansyah juga mengingatkan, keberhasilan ini bergantung perspektif memandang keberhasilan itu. Dari sudut pandang lainnya, tertentu berkaitan dengan IPM, masalah kesehatan seperti stunting, dan kemiskinan. “Ini juga masih menyisakan persoalan,” ujar Firmansyah. (ron)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...