NTB Catat Dua Sejarah di Bidang Olahraga

KONI NTB mencatat bahwa di era kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), NTB berhasil membuat sejarah baru di bidang olahraga. Setidaknya ada dua sejarah yang dicatat NTB dalam beberapa tahun ini, yakni penetapan NTB dan NTT menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga  Nasional (PON) XXII tahun 2028. Selain itu NTB  berhasil meningkatkan prestasi olahraga dikancah nasional, yakni tembus 10 besar nasional dengan menduduki peringkat sembilan besar nasional dalam klasemen perolehan medali emas di PON XX/2021, dengan mempersembahkan  15 medali emas, 11 medali perak dan 12 perunggu.

Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi mengatakan, penetapan  NTB sebagai tuan rumah PON XXII/2028 merupakan anugerah dan disambut  dengan suka cita oleh masyarakat NTB. Dan menjadi sebuah catatan sejarah yang sudah diukir oleh Provinsi NTB. Pasalnya untuk pertama kalinya NTB menjadi tempat penyelenggaraan multi event olahraga terbesar di tanah air.

‘’Penetapan ini (tuan rumah PON-red) Alhamdullillah berlangsung dengan baik aman,  tertib dan lancar. Dan didukung penuh oleh seluruh KONI Provinsi se Indonesia.  Oleh karena itu kita mengucapkan terima kasih kepada KONI Pusat, PB Cabor dan KONI Provinsi se Indonesia,  yang mempercayakan, menyetujui dan menetapkan NTB dan NTT sebagai tuan rumah PON XXII tahun 2028,’’ ucapnya.

Untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON, selanjutnya  pihak KONI NTB bersama pemerintah provinsi  akan melakukan pemetaan-pemetaan terhadap pembangunan  sarana dan prasarana, venue, GOR, stadion, di tempat tempat yang tentunya memenuhi syarat untuk pembangunan infrastruktur olahraga tersebut. Mori pun menegaskan bahwa pertandingan  sejumlah cabor di NTB akan disebar secara baik di kabupaten/kota di NTB.

‘’Penetapan ini diharapkan disambut baik dan mohon kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka mewujudkan NTB dan NTT sebagai tuan rumah PON terbaik sepanjang sejarah,’’ harapnya.

Selain menjadi tuan rumah PON XXII/2028, dalam kepemimpinan Zul-Rohmi, NTB juga berhasil  meningkatkan prestasi olahraga NTB di ajang multi event olahraga nasional yang melibatkan seluruh provinsi di Indonesia. Dimana kontingen NTB yang dipimpin oleh H. Mori Hanafi saat itu mampu meraih  prestasi 10 besar nasional, yakni tembus sembilan besar nasional dengan menyumbang 15 medali emas, 11 perak dan 12 medali perunggu.

Menurut Mori, pencapaian prestasi NTB  di PON/2021 akan terus ditingkatkan. Begitu juga dengan terpilihnya NTB sebagai tuan rumah PON harus bisa menjadi tuan yang baik, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

Untuk meningkatkan prestasi NTB di PON XXII 2024, KONI NTB sudah melakukan Pemusatan Latihan (Pelatda) yang melibatkan sebanyak 44 atlet peraih medali di PON XX/2021. Pelatda  NTB telah berlangsung sejak awal Juni 2024 dan NTB menargetkan meraih 22 medali emas di PON XXI/2024.(fan)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...