Kesulitan Peroleh Pasokan BBM, Pelaku Jasa Transportasi di Lobar akan Naikkan Tarif Penyeberangan

0
Pelaku jasa transportasi penyeberangan di Cemara Lembar ini berencana menaikkan tarif dampak kenaikan harga BBM. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Imbas dari kenaikan harga BBM yang ditetapkan pemerintah, berdampak terhadap akan adanya kenaikan tarif jasa transportasi penyeberangan di Lembar. Para pelaku jasa transportasi akan menyesuaikan tarif penyeberangan dari Pantai Cemara Lembar dan Pelabuhan Lembar menuju sejumlah Gili di kawasan Sekotong. Selain mereka juga dihadapan pada persoalan sulitnya memperoleh pasokan BBM dari SPBU.

Kenaikan harga BBM juga sangat dirasakan pelaku jasa transportasi penyeberangan. Seperti penyeberangan dari perahu atau boat dari kawasan wisata Pantai Cemara ke kawasan tiga Gili, seperti Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Tangkong yang ada di perairan Sekotong. Seperti diungkapkan salah seorang nelayan sekaligus pemilik jasa sewa perahu Lalu Agus Kurniawan, menuturkan, dampak kenaikan harga BBM tersebut membuat dirinya bersama pemilik jasa transportasi laut lainnya terpaksa harus menaikkan tarif.

Hal ini dilakukan, karena harus ada penyesuaian dari perhitungan tambahan biaya operasional nantinya. Namun demikian dirinya mengaku untuk saat ini belum bisa berbuat apa-apa karena masih terkendala terkendala kesulitan mendapatkan pasokan BBM dari SPBU Gerung. “Kami masih kesulitan mendapatkan pasokan (beli)BBM dari SPBU,” ungkapnya, Sabtu, 18 September 2022.

Seperti diketahui, tarif yang diberlakukan untuk mengangkut tamu menikmati tiga Gili sebesar Rp350 ribu. Dan diperkirakan akan naik sekitar Rp375 ribu atau hingga Rp400 ribu. Kenaikan direncanakan Rp25-50 ribu. Namun demikian apakah tarif baru tersebut akan diterima oleh para tamu atau pengunjung, karena dikhawatirkan akan berdampak terhadap jumlah kunjungan nantinya. (her)