Hultah NWDI Ke 87, Dr. Zul Minta Tuan Guru Tulis Ajaran Maulana Syaikh

Selong (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meminta para tuan guru menulis ajaran  Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid. Gubernur yang juga Ketua Dewan Pakar NWDI ini menyebut, sang pendiri NWDI, NBDI dan NW ini memiliki ajaran yang fokus pada budaya, pendidikan hingga hormati keberagaman.

“Ajaran Maulana Syaikh itu menghormati segala keberagaman yang ada untuk bagaimana belajar Islam yang rahmanlilalamin ,” ungkap Dr. Zul saat menghadiri puncak acara Hari Ulang Tahun (Hultah) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ke-87, di Gelanggang Olahraga Hamzanwadi NWDI Pancor, Selong Kabupaten Lombok Timur, Minggu, 18 September 2022.

Zulkieflimansyah menyebutkan kekagumannya pada sosok Pahlawan Nasional, Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Semasa kecilnya dulu di Sumbawa, Dr. Zul mengaku pernah  menjadi saksi bahwa masyarakat Lombok tidak pernah lelah dalam bekerja. Berkumpul sejak waktu Magrib sampai Isya. Warga Lombok bercerita bagaimana bisa hadir pada setiap  acara Hultah Nahdlatul Wathan (NW).

Warga Lombok ini ingin bertemu Maulana Syaikh. Ingin juga bertemu dengan keturunan Maulana Syaikh. “Bertemu dengan cucu-cucunya Maulana Syaikh dan para muridnya yang ada hingga saat ini,” tutur Zulkieflimansyah.

Prinsip ditanamkan, bertemu dengan guru  adalah kunci untuk menggenggam kunci dari dunia. Kata Dr. Zul, apa yang ia dengar puluhan tahun lalu masih bisa dia rasakan sampai dengan saat ini.  Dilihat banyak anggota keluarga yang berasal bukan hanya dari Sumbawa, namun hingga dari luar NTB. Menyisihkan  sejak lama rezekinya untuk bisa datang pada acara hultah NWDI ke-87 tahun ini.

Arena hultah dilihat banyak aktivitas warga yang berjualan. Ribuan warga berkumpul. Dr. Zul meyakini, jika Maulana Syaikh masih hidup maka sang pendiri NWDI itu akan tersenyum melihat anak cucunya bisa bergerak membebaskan manusia dari kebodohan.

Hultah NWDI ke 87 dinilai Gubernur NTB  sangat bersejarah. NWDI itu bukan organisasi orang Lombok Timur, Lombok, ataupun NTB saja. Akan tetapi, sesua kata Ketua Umum PB NWDI, sebut Dr Zul, NWDI adalah organisasi yang menghimpun ajaran Maulana Syaikh bahkan sampai ke seluruh dunia.

Sekarang NWDI sudah ada di Yaman dan Kairo Mesir. Ketua Dewan Pakar NWDI ini meyakini, ke depan NWDI akan mampu tersebar di seluruh dunia. “Melalui hari ini kita harapkan ajaran Maulana Syaikh, Hiziban bisa tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar NWDI, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, Maulana Syaikh mengajar dengan hati. Maulana Syaikh tak hanya disebut sebagai Bapak Madrasah atau Abul Madaris (mendirikan madrasah). Akan tetapi,  Maulana Syaikh  mengisi jiwa jemaahnya dengan rasa cinta. Hal ii katanya terlihat dengan hadirnya ribuan jemaah berkumpul dalam momentum hultah NWDI mengenang jasa besar sang Maulana Syaikh Zainuddin Abdul Madjid.

Bicara NWDI, kata Dr. Zainul Madi, sering diukur berapa jumlah madrasah. Namun diingatkan, jauh lebih penting sebenanya dari bangun gedung tinggi dan megah adalah mengisi hati kita dengan nilai. “Kalau bangun gedung saja, tak akan ada yang datang ke Pancor, sekarang ini Maulana Syaikh masih hidup rasanya di sekitar kita,” ucapnya.

Dikatakan, setiap kali mendengar nama Zainuddin Abdul Madjid bergetar hati kita. Sudah 25 tahun wafat, tetap rasa rindu kepada Maulana Syaikh sangat besar.

Maulana Syaikh membangun karakter yang baik bagi seluruh jemaah supaya   siap menerima kebaikan. Kehidupan kita  kata TGB jangan hanya yang tidak ada air jernih. TGB juga mengingatkan prinsip ahli Sunnah waljamaah sebagaimana diajarkan kakeknya Maulana Syaikh Zainuddin Abdul Madjid. Ikuti Sunnah nabi sahabat dan para ulama. “Jangan mengaku menjadi ahli sunnah kalau Sunnah nabi dilanggar, tidak ahli Sunnah kalau ganggu tetangga. Selanjutnya, waljamaah itu kompak dan bersatu,” demikian TGB. (rus)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...