Empat Tahun Zul-Rohmi: Penuh Terobosan dan Inovasi, Perhelatan Internasional Dinilai Sukses

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, mengapresiasi berbagai program kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Dr.H Zulkieflimansyah dan Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah atau Zul-Rohmi yang kini memasuki tahun keempat. Menurutnya, Zul-Rohmi penuh dengan terobosan dan inovasi.

Penilaian itu, menurutnya juga dirasakan masyarakat Sumbawa. Contohnya, program seperti Industrialisasi yang berbanding lurus dengan makin tumbuhnya, IKM dan UKM, khususnya di Sumbawa. Kemudian program Desa Wisata, Zero Waste dan program unggulan lainnya sembari menggali potensi melalui gelaran event event internasional. Salah satunya, event MXGP yang sukses digelar di sirkuit Samota.

“Banyak sekali nilai tambah yang kita dapatkan dari pagelaran event ini. Ekonomi menjadi tuimbuh termasuk pariwisata kita terus berkembang dengan makin banyaknya orang berkunjung ke Sumbawa,”terangnya, usai penyambutan peserta Sail to Indonesia, Sabtu, 17 September 2022.

Program lainnya, Program unggulan 99 Desa Wisata, Pemprov NTB mendorong kehadiran kelompok sadar wisata yang mengelola potensi wisata masing-masing desa. Termasuk di Sumbawa ada beberapa desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata. Sesuai SK Gubernur. Desa wisata juga dibantu dari sisi pengembangan infrastruktur, pemberian bantuan sampai melakukan inovasi.

Selain itu, beberapa program infrastruktur jalan juga banyak dibantu oleh Provinsi. Terutama dalam membuka akses ke wilayah selatan Sumbawa.

Sukses MotoGP dan MXGP
Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, menilai kepemimpinan H. Zulkieflimansyah dan Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) di NTB secara umum sudah cukup baik. Banyaknya tantangan yang dihadapi pasangan gubernur dan wakil gubernur itu di 4 tahun jabatannya, tak membuat keduanya patah arang dengan terus membuat gebrakan pembangunan.

“Harus kita akui ya, bahwa 4 tahun Zul-Rohmi menjabat banyak perubahan di NTB ini,” kata Wabup, Minggu, 18 September 2022.

Beberapa bukti, kata Wabup bisa dilihat sebagai keberhasilan Zul-Rohmi di NTB sekarang ini. Yang fenomenal sebut dia, rampungnya pembangunan sirkuit Mandalika yang sekaligus ditetapkan menjadi lokasi berbagai event olahraga balap motor dunia.

“Kita lihat juga kan suksesnya MXGP di Sumbawa dan saya kira itu tidak mudah di tengah pandemi Covid-19,” paparnya.

Wabup selanjutnya menyampaikan, ada tradisi baru yang dibuat Zul-Rohmi yang bisa dilanjutkan oleh siapa pun pemimpin NTB berikutnya. Yakni komunikasi secara terbuka dengan masyarakat. “Pak gubernur dan ibu Wagub banyak turun ke masyarakat secara langsung. Dan ini komunikasi sederhana yang memang ditunggu masyarakat NTB,” paparnya.

Meski menilai kepemimpinan Zul-Rohmi sudah baik, Wabup tetap memberikan catatan kritis. Ia menyampaikan hal yang belum maksimal dikelola Zul-Rohmi adalah distribusi program infrastruktur yang bisa dirasakan berkeadilan oleh seluruh kabupaten/kota di NTB. “Jujur kita yang ada di KSB ini bisa mengatakan masih minim sekali tersentuh program dari provinsi,” cetusnya.

Beberapa bukti pun ditunjukkan Wabup, bagaimana Pemprov NTB tidak banyak mengalokasikan anggarannya ke KSB khususnya di bidang infrasturktur. Seperti revitalisasi jalan jalur dua di kecamatan Poto Tano, tak kunjung selesainya ruas jalan TGKH. Zainul Majid di tengah kota Taliwang hingga ribuan meter saluran irigasi tanggung jawab provinsi yang tak kunjung dibenahi.

“Padahal itu infastruktur yang masyarakat KSB sangat butuhkan. Tapi entah karena apa sampai sekarang belum juga dipenuhi meski tiap tahun kita terus usulkan ke provinsi,” tandas Wabup.

Di sisa jabatan Zul-Rohmi, Wabup berharap, penataan dan pendistribusian program infrastruktur provinsi ke kabupaten/kota bisa lebih berimbang. Caranya dengan melihat kebutuhan langsung masyarakat di lapangan. “Khusus di KSB kita hanya minta perbaikan saja yang memang jadi kewenangan provinsi. Sesederhana itu saya kira permintaan masyarakat KSB ke provinsi,” imbuhya.

Percepatan Pembangunan
Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, memberikan tanggapan 4 tahun NTB di bawah kepemimpinan pasangan Zul-Rohmi.

Menurut Bupati, Provinsi NTB di bawah Pemerintahan Gubernur dan Wagub yang disingkat Zul-Rohmi ini mengusung visi membangun NTB yang Gemilang. Kata dia, visi itu merupakan komitmen bagi upaya percepatan pembangunan yang harus terus dilakukan.

“Salah satunya percepatan pembangunan yakni dengan meningkatkan cakupan pelayanan publik,” katanya akhir pekan kemarin.

Terlepas dari itu, Bupati berharap pemerataan pembangunan dilakukan, meski tantangan Indonesia, termasuk di NTB saat ini, masih adanya penanganan Covid-19 yang memerlukan alokasi sumber daya dan sumber dana yang besar.

“Pemkab Bima berharap Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi bisa mampu mewujudkan pemerataan pembangunan dan berkeadilan,” harapnya.

Harapan itu bisa terwujud sehingga hasil-hasil pembanguna dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah timur NTB seperti Kabupaten Bima.

Disamping itu, Bupati Bima juga berharap kedepan jalur koordinasi serta komunikasi antara Pemprov NTB dengan Pemerintah daerah kedepan tetap intens dilakukan dan terus ditingkatkan. “Yang penting postur APBD Pemprov NTB kedepan bisa proporsional agar semua daerah dan warga bisa merasakan manfaatnya,” harapnya.

Keharmonisan Diapresiasi
Bupati Dompu, H Kader Jaelani memberikan apresiasi atas kemajuan NTB kini di bawah kepemimpinan pasangan Zul-Rohmi sebagai Gubernur dan wakil Gubernur NTB periode 2018 – 2023. Keharmonisan kedua pemimpinan ini menjadi kunci keberhasilan membangun NTB dan menghadirkan berbagai event berskala internasional sebagai penggerak ekonomi daerah.

Tidak hanya berhasil menjaga keharmonisan pasangan, Zul-Rohmi juga dinilai berhasil menjaga koordinasi dan komunikasi dengan semua pemimpin daerah Kabupaten/Kota untuk sama – sama membangun daerahnya. Begitu juga dengan Kabupaten Dompu yang terus berharap adanya dukungan dari pemerintah provinsi untuk mengakselerasi pembangunan di daerah.

“Ada banyak pembangunan di Dompu diharapkan dukungan dari pemerintah provinsi seperti pembangunan pelabuhan Kilo, pembangunan lapangan kuda balap di lereng Tambora dan berbagai akselerasi pembangunan lainnya. Tanpa dukungan provinsi, tentunya tidak akan maksimal pembangunan di daerah,” harapnya beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT juga menyampaikan adanya perhatian lebih yang diberikan Gubernur dan wakil Gubernur NTB terhadap pembangunan di wilayah Kabupaten Dompu. Koordinasi antara pemerintah Kabupaten dengan provinsi juga cukup baik, sehingga beberapa rencana pembangunan di Dompu bisa segera diwujudkan.

“Mendatangkan dana pusat ke Dompu. Kalau Gubernur terlibat langsung, insyaallah akan berhasil,” ungkapnya.

Ada juga gagasan dari Pemprov untuk pengembangan pariwisata dan kemajuan wilayah Kabupaten Dompu dengan pembangunan bandara perintis. Memanfaatkan lahan eks PT Siera di Desa Mbawi Dompu sebagai lokasi bandara dan berbagai program pembangunan di Dompu diharapkan bisa segera diwujudkan. (arn/bug/uki/ula)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...