World Alzheimer’s Month, Alzi Lombok Gelar Jalan Sehat dan Senam Otak Lintas Generasi

Giri Menang (Suara NTB) – Alzheimer Indonesia (Alzi) Chapter Lombok, NTB menggelar jalan sehat dan senam otak lintas generasi di Dusun Puyahan Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Kegiatan ini dalam rangka memperingati World Alzheimer’s m Month atau Bulan Alzheimer Dunia yang diadakan setiap bulan September.

Koordinator Wilayah (Korwil) Alzi Chapter Lombok, Baiq Wida Widaswara mengatakan pada Bulan Alzheimer Dunia ini, Alzi Lombok mengadakan kegiatan senam kreasi senam otak, dan aktivitas bermakna untuk lansia. Fun game untuk keluarga dan lansia, pemeriksaan kesehatan dan kecantikan, serta deteksi dini demensia. “Kegiatan yang kami adakan dalam rangka World Alzheimer’s Month, mulai jalan sehat, senam kreasi bersama dan lomba lintas generasi,”kata Wida, Minggu (18/9) ditemui saat kegiatan itu. Kegiatan itu juga dihadiri kades Lembar Selatan H Beny Basuki dan perwakilan kecamatan Lembar.

Aneka lomba lintas generasi yang diadakan, berupa fun game untuk keluarga dan lansia. Challenge untuk mengungkapkan rasa kasih sayang sesama orang tua. Dan kegiatan bermakna untuk lansia, diisi juga dengan lomba seperti mewarnai. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pencegahan demensia alzheimer. “Jadi salah satu untuk mencegah alzheimer itu dengan kegiatan bermakna, salah satunya mewarnai,”ujarnya. Sebab kata dia, biasanya kalau orang lama tidak beraktivitas akan terjadi penurunan fungsi otak. Sehingga itu harus diantisipasi dengan berkegiatan, seperti jalan kaki, dan mewarnai serta kegiatan bermakna lainnya. Dalam lomba mewarnai ini dibuat beda-beda, tergantung dari perasaan lansia. Itu dilihat dari hasil mewarnai, ada yang rapi, ada juga tidak sesuai dengan warna.

Selain aneka kegiatan itu, pihaknya juga kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Stikes Yarsi Volunteer Emergency and disaster (saved) serta NuSkin untuk mengadakan deteksi dini demensia, cek kesehatan dan kecantikan. Seperti cek lemak gratis, facial anti aging (diskon 50 persen), dan cek antioksidan dengan biaya sangat rendah. Kegiatan yang melibatkan warga setempat pun banyak diikuti masyarakat karena memang di daerah itu, tiap Minggu ada kegiatan senam bersama sehingga ia pun memasukkan kegiatan edukasi demensia Alzheimer. Karena banyak yang tidak tahu apa itu demensia.? “demensia itu kan bahasa awamnya pikun. Itu tidak bisa diobati, tapi bisa diegah dan minimalisir peningkatannya itu,”ujarnya. Cara mencegahnya lanjut dia, melalui edukasi video dan ekordeon 10 tanda serta gejala demensia, senam otak dan aktivitas bermakna lainnya.

Ia menambahkan, Alzheimer Indonesia adalah yayasan non profit yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita Demensia atau Alzheimer, keluarga dan pengasuhnya di Indonesia. Dimana sudah tersebar di berbagai wilayah baik dalam dan luar negeri. Dan alzi pusat sudah bersilaturahmi ke Bupati Lobar H Fauzan Khalid. Dan rencananya Bupati ingin membuat taman ramah lansia. Namun perlu dicek lahan yang cocok. Alzi Lombok sendiri terbentuk tahun 2019. Alzi Lombok sendiri ada 14 anggota volunteer. Banyak kegiatan sejauh ini yang diadakan. Bulan Mei lalu, diadakan hari lanjut usia nasional di pusatkan di Narmada. Ada juga kegiatan operasi mata gratis, kepada lansia pra sejahtera. Pihaknya kerjsama dengan rumah sakit mata Provinsi. Alzheimer juga memiliki program Si mbok (lansia Lombok), salah satu programnya deteksi demensia melalui bahasa daerah. Sejauh ini dilakukan di Desa Taman Ayu kecamatan Gerung.(her)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...