Pengawasan WNA di KSB, Visa 9 Warga Tiongkok Diamanankan Tim Opgab

Taliwang (Suara NTB) – Operasi Gabungan (Opgab) Pengawasan Warga Negara Asing (WNA) baru-baru ini telah digelar Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Hasilnya, sebanyak 9 warga Tiongkok diamankan dokumen visanya oleh tim Opgab karena dianggap tidak lengkap.

Kegiatan Opgap yang digelar pada, Kamis, 15 Desember lalu itu difokuskan di kecamatan Sekongkang. Tim terdiri dari petugas imigrasi Mataram, imigrasi Sumbawa, Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) KSB itu menyisir sejumlah hotel dan rumah kontrakan yang memang diketahui terdapat WNA menginap di dalamnya.

Berdasarkan catatan laporan kegiatan Satpol-PP KSB sebagai bagian tim Opgab Pengawasan WNA di KSB. Sembilan WNA Tiongkok yang diamankan visanya oleh imigrasi Mataram karena dianggap tidak lengkap itu terjaring di salah satu hotel di bilangan area wisata pantai Sekongkang.

Kepala Satpol-PP KSB, Agus Hadnan menjelaskan, visa kesembilan WNA Tiongkok itu dinyatakan tidak lengkap karena hanya tercatat sebagai visa perjalanan. “Dicurigai karena ada indikasi mereka melalukan aktivitas lainnya. Maka dilakukan tindakan pengamanan atas dokumen (visa) mereka oleh imigrasi,” ungkapnya, Jumat, 16 September 2022.

Selama penyisiran, Agus menuturkan, tim Opgab total menjaring sebanyak 18 WNA yang semuanya mengantongi pasport Tiongkok. Di mana 3 orang diantaranya memiliki dokumen sebagai pekerja di perusahaan yang ada di area tambang Batu Hijau. “Sebagai bagian dari tim kami melakukan pendataan juga sebagai bahan dokumentasi,” paparnya.

Menurut Agus, pengawasan terhadap WNA di wilayah KSB perlu gencar dilaksanakan. Dan pihaknya sebagai salah satu unsur Pemda yang memiliki tugas menjaga ketertiban umum daerah akan menjalakan fungsinya semaksimal mungkin. “Tentu kami juga punya tugas baik langsung maupun tidak langsung bersama pihak terkait lainnya akan mengawasi juga keberadaan WNA yang ada di wilayah kita ini,” tegasnya.(bug)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...