Penanganan Lanjutan Kasus Pembacokan Tunggu Hasil Tes Kejiwaan

Mataram (Suara NTB) – Polresta Mataram, masih menunggu keluarnya hasil surat visum psikometri dari rumah sakit jiwa terhadap AM terduga pelaku pembacokan terhadap Muhdan (45) hingga meninggal dunia. Hasil visum tersebut sangat dibutuhkan dalam upaya penanganan lanjutan terhadap perkara tersebut, meski hasil informasi pelaku mengalami gangguan jiwa.

“Kita masih menunggu hasil visum psikometri terlebih dahulu terhadap yang bersangkutan baru bisa kita lakukan penanganan lebih lanjut,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST., S.IK, kemarin. Upaya itu juga dilakukan untuk memastikan penanganan perkara ini bisa berlanjut atau dihentikan dengan catatan pelaku benar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Setelah hasil visum psikometri keluar akan dilanjutkan dengan pemeriksaan ahli. Ahli lah yang akan menentukan perkara ini bisa dilanjutkan atau tidak. Jika hasilnya diminta untuk dihentikan dengan alasan memang benar AM mengalami gangguan jiwa maka akan dihentikan. Apalagi di KUHP sangat jelas bahwa ODGJ tidak bisa diproses secara hukum. “Kita tunggu keterangan ahli dulu untuk menentukan arah penanganan lanjutan perkara ini,” sebutnya.

Seraya menyebutkan, sementara untuk saat ini terduga pelaku tidak ditahan melainkan dibantarkan. Proses pembantaran ini dilakukan selama 14 hari ke depan di rumah sakit jiwa untuk memastikan kondisi kejiwaannya. Karena akan sangat berisiko juga jika terduga disatukan dengan tahanan yang lain karena akan menimbulkan masalah nantinya. “Terduga pelaku kita bantarkan di rumah sakit jiwa, kami juga tengah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk melakukan tes kejiwaan terhadap yang bersangkutan,” tandasnya. (ils)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...