Meriahkan Hultah NWDI Ke 87, Puluhan Ribu Peserta dari Berbagai Sekolah Ikut Pawai

Selong (Suara NTB) – Puluhan ribu peserta mengikuti pawai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun NWDI ke 87. Mengingat jumlah peserta pawai cukup besar, sehingga kegiatan pawai digelar dua hari, Jumat, 16 September 2022 dan Sabtu, 17 September 2022 hari ini. Hari pertama diikuti 17.970 orang dan hari kedua 30.025 orang.

Pada hari Jumat, 16 September 2022, pawai yang dilepas Ketua Umum NWDI Dr. TGH. M. Zainul Majdi ini diikuti 17.970 orang. Dalam sambutannya Ketua Umum NWDI TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, kegiatan pawai ini digelar sejak Maulana Syekh TGKH M. Zainuddin Abdul Madjid. ‘’Pawai membangun kegembiraan dan kesukacitaan. Semua dilaksanakan dengan keberkahan dan membahagiakan. Hari ini pawai bersyukur,” kata mantan Gubernur NTB ini.

Ketua YPH NWDI HM Djamaluddin kegiatan pawai hari pertama kategori Dapil 1 yang berasal dari Selong dan dengan jumlah sekira 17.970. Mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sederajat hingga peserta umum. Semua kontingen sebanyak 83, sementara pada hari Sabtu ini sebanyak 301 kontingen dengan total peserta 30.025.

Ia juga menegaskan, peserta pawai alegoris dari luar Kota Selong. Mulai dari sekolah atau madrasah hingga umum. Bahkan dari luar kabupaten Lombok Timur.

Pawai alegoris ini merupakan bagian dari rangkaian Hultah yang dilaksanakan oleh pendiri NWDI Maulanasyeikh Zainuddin Abd Madjid yang harus lanjutkan bahkan telah ditradisikan oleh Nahdliyyin.

Ia berharap semua tradisi yang telah diwariskan Maulanasyeikh dapat dipertahankan dan dilaksanakan oleh generasi penerus NWDI. Nilai-nilai perjuangan itu juga harus dijaga.

“Ada banyak tradisi dan nilai-nilai yang beliau wariskan kepada kita. Dan itu harus kita tegak teguhkan dalam mewujudkan cita-cita beliau,” paparnya.

Kenapa harus dijaga? Karena perkembangan teknologi kian pesat dan hal itu bisa melunturkan semua itu, termasuk nilai-nilai budaya Sasak dan bangsa Indonesia. “Karena itu, nilai-nilai yang diajarkan beliau harus kita jaga bersama dengan semangat seperti semangat awal pada masa perjuangan silam,” demikian harapnya.(rus)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...