Dua Kapal Diduga Pengangkut BBM Bersubsidi Diamankan

Mataram (Suara NTB) – Tim Direktorat Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB, menangkap dan mengamankan dua unit kapal tanker yang diduga mengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi. Dari dalam kapal tanker tersebut, polisi menyita sedikitnya 544.000 liter atau setara 544 ton BBM jenis solar yang dibawa dua kapal diduga ilegal di wilayah Pelabuhan Labuan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Kamis 15 September 2022.

 ‘’Saat ini kedua kapal tersebut kita sita di dermaga Labuhan Haji untuk kita lakukan pendalaman lebih lanjut,” ungkap Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.IK.,  M.Si, kepada Suara NTB, Jumat, 16 September 2022. Penangkapan terhadap kapal ini dilakukan lantaran diduga membawa BBM jenis solar tanpa izin (ilegal).

Saat ini pemeriksaan para saksi juga sudah mulai dilakukan oleh penyidik Ditpolairud untuk didalami. Salah satunya yakni kapten dan juga anak buah kapal (ABK) yang ditangkap membawa BBM tersebut. Selain itu pemeriksaan dokumen bongkar muat BBM juga tengah dilakukan oleh penyidik untuk memastikan penanganan lanjutan terhadap temuan tersebut. ‘’Para saksi sudah mulai kita mintai keterangan, bahkan kapten dan ABK juga sudah berada di Polda,’’ sebutnya.

Karena kasusnya masih terus berproses, sehingga untuk memastikan terjadinya perbuatan melawan hukum masih terlalu dini. Tetapi yang jelas katanya, temuan ini menjadi atensi untuk diselesaikan. Apalagi pimpinan (Kapolda) juga memberikan atensi khusus terhadap persoalan BBM ini. Bahkan jika ada anggota yang terlibat tetap akan diberikan sanksi tegas.

‘’Karena kasusnya masih baru kemarin, sehingga prosesnya baru sebatas pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) saja dan yang jelas kasus ini akan diberikan atensi khusus,’’ tegasnya.

Menurut informasi, dua kapal tersebut berasal dari PT CPE asal Palembang. Dua kapal tersebut masing-masing membawa 272.400 liter, dengan total muatan keduanya sebanyak 544.800 liter BBM jenis solar. Kabarnya BBM bersubsidi jenis solar tersebut akan didistribusikan ke perusahaan berinisial TN. (ils)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...