Tim UNICEF Gelar Kunjungan Lapangan ke KSB

Taliwang (Suara NTB) – Dua hari terakhir Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat kunjungan lapangan dari tim UNICEF. Kunjungan salah satu organisasi di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu untuk melihat praktik sanitasi yang telah diterapkan KSB selama ini.

Tim UNICEF yang hadir dalam kunjungan tersebut terdiri dari tiga orang. Mereka adalah Yudhistira Yewangoe, Kepala Kantor UNICEF Perwakilan NTT dan NTB, Kannan Nadar, Chief WASH UNICEF Indonesia – Jakarta, dan Rostia La Ode Pado, WASH Officer Kantor UNICEF Perwakilan NTT dan NTB.

Selama dua hari itu, tim UNICEF mengunjungi sejumlah lokasi. Mulai dari Desa Mujahidin Kecamatan Brang Ene, SDN 01 Taliwang, serta beberapa lokasi penerapan penyedotan sistem aplikasi Go Pinki dan fasilitas IPLT (instalasi pembungan lumpur tinja) yang ada di KSB.

Usai turun lapangan, tim pun menyampaikan laporannya kepada pemerintah KSB, Kamis, 15 September 2022. Diterima oleh Sekrertaris Daeah (Sekda), Amar Nurmansyah, tim UNICEF menyatakan, proses tata kelola sanitasi di tengah masyarakat KSB telah berjalan baik. “Kami seperti berada di dalam laboratorium sehingga banyak yang telah kami pelajari dalam dua hari ini,” kata Kannan Nadar, Chief WASH UNICEF Indonesia – Jakarta dalam sambutannya.

Meski memberikan apresiasi, Kannan memberi beberapa catatan kepada Pemda KSB untuk penyempurnaan penerapan tata kelola sanitasi yang sudah berjalan. Ia mengatakan, tetap perlu adanya partisipasi masyarakat secara aktif. Cara itu dapat ditempuh dengan partisipasi pembiayaan oleh masyarakat sehingga kegiatannya dapat terus berlanjut.

“Pelibatan Baznas menalangi biaya sanitasi bagi warga tidak mampu sudah bagus. Dan perlu juga diterapkan sistem retribusi bagi masyarakat lainnya yang mendapat layanan sanitasi itu,” katanya seraya menambahkan kampanye terhadap pola hidup bersih harus terus digaungkan di tengah masyarakat.

Mendengar laporan tim UNICEF itu, Sekda KSB, Amar Nurmansyah mengatakan, sangat berterima kasih atas seluruh saran yang telah dipaparkan tim. Ke depan pemerintah KSB akan terus melakukan pembenahan sehingga tata kelola sanitasi daerah semakin baik termasuk untuk hal lainnya yang bertujuan pada penyehatan lingkungan masyarakat.

“Terima kasih atas kunjungannya. Terhadap apa yang telah dilihat di lapangan tentu ini akan menjadi penilaian tersendiri, dan ini juga akan menjadi pemantik buat kami,” ujarnya.

Menurut Sekda, sangat perlu adanya penilaian dari pihak luar terhadap setiap program yang dijalankan pemerintah. “Jangan sampai merasa kita menjadi yang terbaik, padahal dilapangan masih ada yang perlu dibenahi. Jadi sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas catatan dan sarannya,” sambung Sekda.

Selanjutnya Sekda menambahkan, ada beberapa peluang yang saat ini tengah diupayakan pemerintah KSB untuk mendongkrak keunggulan sekolah. Dan kehadiran tim UNICEF bisa menjadi jalan keluarnya. “Rekomendasi tim akan kita jadikan bahan untuk membenahi setiap sekolah kita,” pungkasnya. (bug)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...