Masyarakat Diminta Ikut Awasi Pengerjaan Jalan Batudulang Tepal

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa telah melakukan sosialisasi pelaksanaan pengerjaan ruas Jalan Batulanteh-Tepal di desa Tepal. Ruas jalan tersebut akan dikerjakan tahun ini hingga tahun depan. Masyarakat pun diminta untuk ikut mengawasi pengerjaan jalan dimaksud.

Bupati Sumbawa melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, L Suharmaji Kertawijaya didampingi pimpinan OPD terkait, menjelaskan total panjang jalan yang akan dituntaskan yakni 27,6 km. Sejauh ini sudah dituntaskan sepanjang 15 km melalui APBD Kabupaten Sumbawa. Sehingga pengerjaan sisa dilanjutkan pada tahun ini. ‘’Pada saat pelaksanaan mohon lahan masyarakt yang dilalui pembangunan bisa diikhlaskan untuk digunakan sebagai pelebaran jalan,” harapnya.

Menurutnya, ketika jalan sudah diperbaiki, maka akan banyak multiplier effect yang dihasilkan wilayah setempat, baik itu peningkatan UMKM, pariwisata dengan munculnya homestay, serta lainnya termasuk hasil perkebunan. ‘’Ada program-program Pemkab Sumbawa yang perlu mendapatkan dukungan oleh kita bersama. Makanya kita semua harus menjaga kekompakan,’’ tuturnya.

Asisten menegaskan kalau pembangunan jalan tersebut bisa diawasi bersama. Bahkan ia meminta masyarakat untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait, ketika ditemukan adanya permasalahan di lapangan. ‘’Kalo ini gagal, maka bisa jadi tahun depan kita akan kesulitan untuk mendapat anggaran serupa,’’ ujarnya.

Sementara Kepala Desa Tepal, Ali Amrullah menyampaikan ucapan terimakasih atas nama Pemerintah dan masyarakat Desa Tepal kepada Pemerintah Daerah. Sehingga dengan keberadaan ruas jalan ini bisa menjadikan Desa Tepal terbebas sebagai desa yang terisolir. ‘’Saya berharap bagi masyarakat dapat mengamankan pengerjaan jalan ini sehingga berjalan lancar. Keberadaan jalan ini juga dapat sebagai pengungkit perkembangan perekonomian untuk memasarkan komoditi utama yang ada yaitu kopi,’’ terangnya.

Kepala Satker BP2JN Sumbawa, Rofinus Ngilo menjelaskan, pembangunan ruas jalan ini merupakan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, dan juga Kementerian PUPR. Pengerjaan ruas jalan Batudulang-Tepal kali ini rencananya akan diselesaikan sepanjang 12.6 km, dengan anggaran sebesar Rp. 67 miliar yang bersumber dari APBN.

Adapun waktu pengerjaan pembangunannya dilaksanakan selama 18 bulan, mulai dari Juli 2022 – menjelang akhir 2023. ‘’Saya minta komitmen untuk dapat mendukung pengerjaan nanti,’’ pungkasnya. (arn)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...