Dispora NTB Apresiasi Capaian Atlet Silat Pelajar

0
Ketua Bapopsi NTB, Anang Zulkarnain mengalungkan medali emas kepada salah satu pesilat NTB yang sukses meraih medali emas di Pra-Popnas di Samarinda, 9-15 September 2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, H. Surya Bahari memuji  prestasi yang diukir kontingen NTB di Pra-Popnas yang berlangsung di Samarinda, 9-15 September 2022. Pasalnya NTB yang diperkuat 17 atlet silat sukses merebut sembilan tiket Popnas dan empat medali emas serta lima perak di Prakualifikasi Popnas tersebut.

“Kita bisa tersenyum  dengan hasil Pra-Popnas ini,” ucap H. Surya Bahari kepada Suara NTB via ponselnya, Kamis. 16 september 2022. Pernyataan ini dilontarkan Surya ketika diminta tanggapannya terkait  hasil yang dicapai oleh kontingen NTB di Pra-Popnas yang berakhir di Samarinda, 15 September 2022.

Lanjut Surya, meski hasil Pra-Popnas tersebut dapat membuat NTB bahagia, namun dirinya berpesan agar raihan empat medali emas dan lima perak itu tak boleh membuat pesilat NTB cepat puas. Sebab target NTB sesungguhnya ada di Pekan Olahraga  Pelajar Nasional  (Popnas) yang akan berlangsung di  Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel) bulan September tahun 2022.

“Karena bagaimana pun juga, kita harus mempersiapkan mereka (atlet) untuk mengikuti Popnas tahun 2023.  Hasil di Popnas  itulah yang  nanti bisa membuat kita bahagia atau sedih,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) NTB, Anang Zulkarnain. Kabid Pemuda dan Keolahragaan Dispora NTB ini mengaku bangga atas prestasi yang diukir NTB di Pra-Popnas 2022. Sebab dengan keterbatasan anggaran daerah, namun atlet NTB masih mampu tampil gemilang.

“Yang pasti kita senang dengan hasil ini. Dengan  kondisi fiskal kita sekarang ini, dan hanya dua cabor diberangkatkan, kita dapat 4 emas dan 5 perak serta menduduki peringkat ke empat dari 7 provinsi  yang ikut di Zona IV. Ini prestasi yang luar  biasa. Apalagi kalau kita  bisa ikut di semua cabor yang diperlombakan dan dipertandingkan tidak  tertutup kemungkinan kita ada di peringkat 3 besar,” ucapnya.

Untuk diketahui pencak silat  yang diperkuat 17 atlet sudah memastikan  sembilan atlet lolos ke Popnas 2023. Sementara untuk cabor tenis yang diperkuat enam atlet tidak lolos karena bertengger diperingkat tiga.

Ditambahkan Anang, di Popnas tahun 2023 nanti terdapat beberapa cabor unggulan NTB yang tak bisa ikut, seperti bola voli, tinju  tidak bisa ikut karena tak mengikuti Pra-Popnas. Selain itu atlet dari cabor bola basket, sepak bola, bulutangkis, tenis meja, sepak takraw juga harus absen karena tak mengirim atlet ikut Pra-Popnas.

Dalam hal ini, selain cabor pencak silat, NTB juga bisa mengikuti pertandingan di tujuh cabor lain di Popnas, yakni karate, taekwondo, kempo, atletik, renang, dayung dan panahan. Ketujuh cabor ini bisa diikuti oleh NTB meskipun tak ikut Pra-Popnas. (fan)