Wabup KSB: Tujuan Utama Ormas Jaga Keutuhan Negara

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin menyatakan, tujuan berorganisasi yang paling utama adalah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Apapun bentuk organisasi atau ormasnya. Kecil atau besar dan bergerak bidang apa pun itu, tujuan utamanya satu saja menjaga keutuhan negara yang kita cintai ini,” tegas Wabup saat membuka kegiatan sosialisasi peraturan perundang udangan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang digelar Kesbangpol KSB.

Menurut Wabup, hak berserikat dan berkumpul setiap warga dijamin oleh negara sebagai salah satu bagian dari hak asasi manusia (HAM). Bahkan kepedulian negara melindungi hak warga itu dibuatlah berbagai aturan dan secara spesifik mengenai Ormas dengan hadirnya Undang Undang Nomor 16 Tahun 2017 dan berbagai ketentuan turunan lainnya. “Artinya negara ini tidak melarang kita buat organisasi apa pun selama sesuai aturan,” katanya.

Wabup mengaku, tujuan setiap organisasi tentu akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan anggotanya. Namun demikian dalam mencapai tujuan itu tidak boleh melanggar aturan, mengganggu ketertiban umum dan bahkan merorong negara. “Caranya bebas tapi bersyarat. Artinya silakan menjalankan organisasi tapi jangan keluar dari koridor aturan yang ditetapkan,” timpalnya.

Di KSB sendiri, Wabup menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi dengan banyaknya ormas-ormas yang dibentuk masyarakat. Itu menandakan kehidupan demokrasi di KSB sangat baik. “Pesan saya kalau buat ormas kan ada syaratnya. Seperti mencatatkan diri di Kesbang sebagai legalitas dan lainnya,” imbuhnya. (bug)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...