Upaya TNI Bantu Wujudkan Ketahanan Pangan, Ubah Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif

Praya (Suara NTB) – Semua lahan kosong yang ada di setiap Koramil jajaran Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) saat ini mulai dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Dengan ditanami berbagai tanaman sayur-sayuran. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya TNI mendukung mewujudkan ketahanan pangan ditengah masyarakat. Sekaligus sebagai wadah edukasi bagi masyarakat setempat.

“Bahwa lahan-lahan kosong kalau dikelola dengan baik, bisa menjadi lahan produktif yang bisa mendatangkan manfaat dan menghasilkan tentunya,” ungkap Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, SIP., Rabu, 14 September 2022.

Langkah konkret yang dilakukan keluarga besar Kodim 1620 Loteng tersebut, dengan memanfatakan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanam dimaksudkan untuk membangun kawasan industri terpadu. Guna menjaga ketahanan pangan dan memperbaiki perekonomian. Dimulai dari lingkungan Koramil jajaran Kodim 1620/Loteng.

“Kami berinisiatif memanfaatkan lahan kosong di sekitar satuan untuk membantu program UMKM dan masyarakat yang membutuhkan,” terangnya. Inovasi tersebut dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan, membantu masyarakat, dan pemulihan ekonomi di daerah ini. Sekaligus menunjukkan sinergi yang baik dengan pemerintah daerah.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh jajaranya supaya turun membantu masyarakat memanfaatkan lahan kosong di sekitarnya. Dengan begitu masyarakat bisa tetap produktif meski di tengah Pandemi Covid-19.

“Kami berharap masyarakat dapat menjaga mental, tetap semangat dan mampu menyikapi keadaan dengan penuh kesadaran sehingga dapat membangkitkan kembali perekonomian,” ungkapnya seraya berharap seluruh warga supaya program yang tengah dijalankan tersebut bisa sukses. Sehingga pada akhirnya bisa mendukung pemulihan perekonomian secara menyeluru sesuai yang diharapankan. (kir)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...