Lepas Jabatan 1 Oktober, Baehaqi Sebut Banyak SDM Lobar Berkemampuan Jadi Sekda

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat (Lobar) Dr. H. Baehaqi, M.Pd., M.M., akan segera melepas jabatannya. Pasalnya, Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai dosen sudah keluar. Berdasarkan SK tersebut, Baehaqi mulai menjalankan tugasnya sebagai dosen per tanggal 1 Oktober mendatang.

“BUKAN purna, tapi saya pindah jadi dosen. Kemungkinan 1 Oktober kita sudah ngajar (sebagai dosen),” katanya, Rabu, 14 September 2022.

Ia berharap, siapapun yang mengantikan posisinya bisa lebih baik. Menurutnya, jabatan sekda merupakan posisi strategis, yang menentukan kemajuan daerah. “Banyak kok SDM kita yang mumpuni dan kapabel,” jelasnya.

Menurut Baehaqi, banyak pejabat Lobar yang berpeluang, apalagi batas usia untuk jadi Sekda Kabupaten/Kota 58 tahun.

Ia menyebut, yang memiliki potensi dan kemampuan berpeluang menjadi sekda, di antaranya Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan, Asisten III Setda Lobar H. Ilham, Kepala Bappeda H. Akhmad Saikhu, Kepala BPKAD Fauzan Husniadi, Kepala Bapenda Suparlan, Kadis Dukcapil M. Hendrayadi. Namun tentu itu tergantung hasil pansel. Karena bicara pansel, mengacu PP 11 tahun 2017 tentang ASN, di situ ada syarat-syarat. Dan berdasarkan surat Kemenpan RB terbaru, batas usia untuk Sekda Kabupaten/Kota 58 tahun dengan syarat tidak mengajukan Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Dari semua nama-nama yang disebut jelas dia, diyakini memiliki inovasi yang berbeda-beda. Tentu harapannya, pergantian Ssekda jauh menjadi lebih baik dibanding masanya. Karena, dari sisi usia lebih muda, masih energik, sehingga dari aspek kinerja akan jauh lebih baik. Dari sisi Inovasi jauh lebih banyak dan disiplin meningkat. “Sehingga Lobar ini akan lebih terakselerasi dalam pencapaian tujuan terutama RPJMD dan dijabarkan dalam Renstra OPD masing-masing,”ujarnya.

Karena kata dia, tugas Sekda adalah staf bupati, yang bertugas mengakselerasi kaitan dengan regulasi daerah, mengkomunikasikan tugas di eksekutif dan legislatif, serta tugas tambahan lain yang diberikan bupati.

Kalau melihat siapa itu? Menurut dia, semuanya bagus. Karena menurut dia, mereka punya kapabilitas yang terukur,dan memiliki potensi untuk bisa menjadi sekda. Bahkan menurut dia, mungkin mereka memiliki manajemen yang jauh lebih baik dari dirinya. Dan dari berbagai aspek lain juga akan jauh lebih baik.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Lobar Jamaluddin mengatakan, terbitnya SK pengangkatan sebagai dosen, berarti dengan sendirinya Baehaqi sudah tidak menjabat Sekda Lobar. “Sudah direncanakan serah terima ke plt pada tanggal 1 Oktober nanti,” katanya.

Saat disinggung terkait seleksi calon Sekda, Jamaluddin mengatakan, pihaknya perlu berkoordinasi dulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kalau sudah ada rekomendasi dari KASN, kemungkinan langsung membentuk panitia seleksi (pansel).”Bisa jadi lebih cepat, tergantung rekomendasi. Kalau sudah ada rekomendasi, langsung proses. Mulai pembentukan pansel, pengumuman, hingga pembukaan,” jelasnya.

Jamaluddin menambahkan, dalam koordinasi tersebut, BKPSDM juga sekaligus akan mengkoordinasikan masalah hasil seleksi Direktur RSUD Tripat. Dia mengatakan, nama-nama calon direktur rumah sakit tersebut sudah dikirimkan ke KASN. “Istilahnya, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati,” katanya. (her)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

0
Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga dengan banyaknya komunitas-komunitas sepeda motor yang terus berkembang, menjadikan sales people sebagai garda terdepan bisnis...

Latest Posts

Tingkatkan Kompetensi Sales People, AHM Gelar Mash Up Community Contest

Mataram (suarantb.com)-Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda yang disertai juga...

PLN Siapkan Kembali Suplai Listrik Berlapis untuk Gelaran WSBK 2023

Mataram (Ekbis NTB)-Perhelatan ajang internasional World Super Bike (WSBK)...

Selain Promo Besar-besaran, Ricky Smartphone Siapkan 1.000 Snack Sehat bagi Pengunjung

Mataram (Suara NTB)-Menyambut bulan kasih sayang, Ricky Smartphone di...

Dinas LHK NTB akan Buka Kembali Pos Pengamanan Hutan

Mataram (Suara NTB) – Setelah sempat vakum akibat Pandemi...

Pemkot Bima Naikkan Dana Bantuan Stimulan Jadi Rp750 Juta

Kota Bima (Suara NTB) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima...