Merasa Mampu, Belasan Penerima BLT di Dompu Tolak Bantuan

Dompu (Suara NTB) – Sebanyak 21.196 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Dompu mendapat bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Tidak hanya BLT sebesar Rp300 ribu untuk bulan September dan Oktober yang akan diterima, tapi juga bantuan sembako dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu juga diterima.

Namun ada belasan KPM di Dompu menolak bantuan ini karena merasa mampu dan tidak layak mendapatkan BLT. “Ada warga Mangge Asi, Karamabura dan sebagainya, bersedia tidak menerima bantuan karena secara ekonomi mereka mampu. Makanya dikembalikan kartunya. Jumlahnya belasan KPM,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Drs Abdul Haris kepada Suara NTB, Minggu, 11 September 2022.

Selain mendorong kesadaran masyarakat, Dinas Sosial secara bertahap melakukan graduasi bagi warga yang mampu secara ekonomi. Upaya ini terus dilakukan secara mandiri oleh petugas di Dinas Sosial dalam rangka melahirkan data yang akurat.

Penyaluran BLT dan bantuan pangan di kantor Post, Kementrian Sosial juga menugaskan PT Post Indonesia untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan bantuan. Penerima bantuan didorong untuk menerima langsung bantuan dan tidak diwakilkan. “Saat menerima bantuan, KPM diharuskan membawa serta KTP dan KK yang asli. Ketika KPM-nya sakit, nanti petugas akan mengantar langsung ke rumahnya,” terang Abdul Haris.

Kementrian Sosial, lanjut Abdul Haris, terus membuat terobosan terkait bantuan sosial agar bantuan benar – benar dirasakan manfaatnya dan dapat mengurangi kemiskinan. Sehingga pada 2023 mendatang, Kemensos merencanakan bantuan dalam bentuk modal usaha untuk KPM usia di bawah 40 tahun. “Tentu secara bertahap dilakukan,” ungkapnya. (ula)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...