Indeks Literasi Masyarakat Masih Kategori Rendah

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tantangan terberat dalam meningkatkan budaya literasi adalah rendahnya minat baca masyarakat. Di Kabupaten Sumbawa sendiri, indeks literasi masyarakat masih berada pada kategori rendah, yaitu hanya 5,17. Sehingga perlu dilakukan berbagai intervensi yang memadai.

“Insya Allah ke depan, kami menargetkan peningkatan indeks literasi masyarakat menjadi kategori sedang sampai dengan kategori tinggi,”kata Wakil Bupati sekaligus Bunda Literasi Kabupaten Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd., saat membuka kegiatan September Literasi dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional dan Hari Kunjungan Perpustakaan, yang digagas para Guru Penggerak Kabupaten Sumbawa, Kamis, 7 September 2022.

Turut hadir diacara yang bertemakan “Membaca Nusantara dari Samota” ini, Duta Baca Indonesia Gol A Gong, Perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala Balai Guru Penggerak NTB, Kepala Arpusda NTB, Humas Forum Lingkar Pena Pusat dan lainnya.

Pemkab Sumbawa, ungkap Wabup, terus berupaya meningkatkan minat baca dengan lebih intens melaksanakan kegiatan  perpustakaan keliling atau alat teknologi digital lainnya, yang mendukung minat baca pelajar dan masyarakat. Wakil Bupati juga berharap, melalui September Literasi, pada guru dapat mendidik siswanya dengan lebih sabar dan dapat menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman dan asri.

September Literasi Samota dirangkaikan dengan peluncuran 200 judul buku buah karya para Guru Penggerak Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh tampilan tarian dan lomba mewarnai siswa – siswi SMP, SD, TK dan PAUD Kabupaten Sumbawa. (arn)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...