Dorong Peningkatan Kualitas Lulusan, PT STM Gelar Seminar Pengenalan Ragam Jurusan di SMK Bangun Negeri

Dompu (Suara NTB) – Siswa kelas XII tingkat SMA/SMK di kecamatan Huu mendapat seminar pengenalan ragam jurusan pada Perguruan Tinggi (PT) dari PT Sumbawa Timur Mining (STM). Siswa juga dikenalkan prospek kerja di masa mendatang. Pengenalan ini dimaksudkan agar para siswa menyiapkan diri sedini mungkin untuk menggapai cita – citanya, sehingga lebih siap secara mental dan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, lulusan SMA dan SMK di kecamatan Huu lebih siap untuk melanjutkan study ke PT atau menghadapi dunia kerja. Kondisi ini tentu akan semakin meningkatkan kualitas anak didik karena ada motivasi belajar menyiapkan masa depannya.

“Dengan pengenalan ragam jurusan, adik – adik bisa menata masa depan atau bermimpi lebih baik lagi. Karena pada saat sudah lulus, adik – adik dihadapkan pada dua pilihan. Satu, pilihan akan bekerja atau (kedua) meneruskan ke pendidikan,” kata Siti Anisah Maemonah dari Comdev PT STM pada acara pengenalan ragam jurusan di SMK Bangun Negeri Huu, Kamis, 8 September 2022.

Ketika pilihan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, para siswa mendapat wawasan tentang jurusan yang harus dipilih berdasarkan kejuruan yang dipilih di SMA/SMK atau kecakapannya. Karena sering kali, menjelang kuliah terkadang pilihan jurusan ini berubah. “Itulah sebabnya kami tetap melanjutkan kegiatan ini di SMK Bangun Negeri,”  kata Anisah.

PT STM juga berharap, lulusan SMK Bangun Negeri ini akan menambah ragam lulusan yang ada di kecamatan Huu. Ketika beragam lulusan, maka akan semakin beragam warga Huu di berbagai sektor.

Irfan Sofian, S.Pd, kepala SMK Bangun Negeri ikut hadir pada acara pengenalan ragam jurusan di perguruan tinggi dan prospek kerja bagi siswa kelas XII di SMK Bangun Negeri, Kamis, 8 September 2022. Ia langsung membuka dan menutup kegiatan dengan pemateri Muhtar dari Transform selaku konsultan PT STM dan Adi Satriawan dari Lembaga Bimbel Insan Cita Mataram sebagai pembicara.

Selain Siti Anisah dari Comdev PT STM, hadir juga Syilvia Y Manurung, geologis PT STM sebagai salah satu pemateri. Syilvia memotivasi anak – anak SMK Bangun Negeri untuk kuliah serta mengejar mimpi dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan mencari pengalaman kerja.

Di SMK Bangun Negeri ini memiliki dua jurusan yaitu Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Geologis. Jurusan Geologis awalnya dari jurusan Multi media. Perubahan itu seiring kebutuhan akan tenaga tambang sesuai potensi alam di kecamatan Huu. “Tapi memang tantangan kami sekarang, mungkin karena faktor kesejahteraan dan pilihan hidup. Banyak guru kami, memilih bekerja di perusahaan (PT STM dan kontraktornya),” ungkap Irfan Sofian. (ula)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...