Penundaan Porprov Tidak Pengaruhi Prestasi Atlet

0
H. Mori Hanafi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, H. Mori Hanafi mengatakan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan mengumumkan secara resmi penundaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Penundaan Porprov NTB diakuinya tidak akan berdampak pada penurunan prestasi atlet.

“Sekda dalam watu dekat ini akan menyampaikan secara resmi penundaan Porprov NTB,” ucap Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi dalam siaran pers yang digelar oleh KONI NTB, Senin, 5 September 2022.

Dikatakan Mori, penundaan Porprov NTB ini dikarenakan Pemerintah Daerah (Pemda) di 10 kabupaten/kota belum siap menganggarkan biaya  persiapan kontingen mengikuti ajang multi event olah tingkat regional itu. Dari 10 kabupaten/kota yang menjadi peserta Porprov NTB 2022, hanya Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang siap dalam hal anggaran, sementara sisa delapan kabupaten/kota lain, seperti Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, Sumbawa, KLU, Lobar dan Loteng tidak siap. Selanjutnya Lotim hanya mampu menyiapkan anggaran Rp 2 Miliar dari  Rp 7 Miliar yang diusulkan oleh KONI Lotim.

Menurut Mori, karena hanya dua kabupaten/kota yang siap dalam hal anggaran mengharuskan KONI NTB mengusulkan penundaan Porprov NTB yang sebelumnya direncanakan akan berlangsung November 2022, diundur hingga awal bulan Februari 2023.

Ditegaskan Mori, penundaan Porprov NTB ini diharapkan tidak menurunkan prestasi atlet NTB di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang bahkan berlangsung di Aceh  dan Sumut tahun 2024 mendatang. “Penundaan Porprov NTB ini tidak akan berdampak pada prestasi atlet NTB,” jelasnya.

Untuk diketahui, Porprov NTB adalah merupakan ajang multi event yang digelar Pemprov NTB melalui  KONI NTB setiap empat tahun sekali. Porprov NTB tersebut merupakan bagian dari pembinaan atlet NTB sekaligus menjaring atlet yang dipersiapkan oleh masing-masing cabor dalam rangka menghadapi Pra-PON 2023. Untuk itu cabor berharap Porprov NTB bisa dilaksanakan tepat waktu. Namun karena terkendala anggaran mengakibatkan Porprov NTB harus diundur. (fan)