Usia Tidak Halangi Saadiah untuk Belajar Membaca dan Menulis

Dompu (Suara NTB) – Saadiah, warga Dusun Ompu Mbeka Desa Marada Kecamatan Huu Kabupaten Dompu, merupakan salah satu warga belajar PKBM Istana Angin Laut Desa Marada yang menjadi binaan PT Sumbawa Timur Mining (STM) dalam program keaksaraan dasar tahun 2022. Usianya sudah 70an tahun. Saat awal direkrut sebagai warga belajar, Saadiah sama sekali tidak bisa menulis dan mengenal huruf.

Semangatnya untuk bisa membaca dan menulis, pada pertemuan ke 14 dari 20 kali pertemuan direncanakan, sudah mulai menunjukan hasil. Ia bisa menulis namanya dan mengenal huruf. Bisa membaca dan menulis, kini menjadi komitmennya agar tidak dikelabui orang. “Alhamdulillah sedikit – sedikit sudah bisa menulis dan membaca,” ungkap Saadiah, Rabu, 1 September 2022.

Keinginan untuk bisa membaca dan menulis, juga didorong oleh rencananya menunaikan ibadah haji yang tinggal menunggu jadwal. Walaupun selalu lupa apa yang diajarkan, ia tidak sungkan untuk terus hadir dan terus belajar. “Susah (belajar), tapi tetap datang untuk belajar,” ceritanya.

Saadiah yang memiliki 2 orang anak dan 8 orang cucu ini, juga tidak sungkan meminta kepada cucunya untuk mengajarkannya membaca ketika tidak lagi bersama kelompok belajar Ompu Mbeka. Para cucunya ini justru sangat membantunya mengingatkan kembali belajar membaca dan menulis yang diajarkan tutor saat di rumah.

Program keaksaraan dasar dari PT STM untuk warga Desa Marada ini sangat membantunya untuk bisa belajar membaca dan menulis. Ia pun berharap, agar program ini dapat benar – benar menuntaskan angka buta huruf bagi warga setempat.

Umrah, S.Pd yang menjadi tutor di kelompok belajar Ompu Mbeka ini memanfaatkan metode Aku Cepat Membaca (ACM), sehingga sangat membantu dalam proses belajar. “Maklum sudah tua, jadi cepat lupa,” katanya sambil ketawa ringan sebagai orang tua. (ula)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...