Buah Kurma Mulai Dibudidayakan di Dompu

Dompu (Suara NTB) – Pohon kurma mulai dibudidaya petani di Kabupaten Dompu. Sebanyak 475 pohon kurma sudah dibudidaya di wilayah Pekat dan sudah mulai tumbuh subur. Jika ditangani secara secara intensif, kurma-kurma ini sudah bisa berbuah dalam usia 3 tahun.

Hal itu disampaikan kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP, MM, Sabtu, 3 September 2022. “Kemarin kami diundang oleh petani yang membudidaya kurma di Kadindi. Ternyata sudah banyak petani di sana yang membudidaya kurma. Kita juga bahkan diberi testimoni untuk buah kurma yang dipanen di KLU, memang kualitasnya bagus,” ungkap M. Syahroni.

Sebagai buah yang dibudidaya baru oleh petani, tentu Dinas Pertanian dan Perkebunan akan mensuport. Apalagi hasil penelitian membuktikan bahwa buah kurma ini cocok untuk iklim di beberapa wilayah Lombok dan pulau Sumbawa, termasuk Dompu. Dengan potensi itu, petani secara mandiri dan sukarela melakukan budidaya.

Ada beberapa jenis kurma yang dibudidaya di Kabupaten Dompu. Diantaranya jenis KL1 sekitar 300 pohon, jenis Ajwa 100 pohon dan ada yang belum terdeteksi jenisnya. Kurma –kurma ini ditanami warga secara spot di hampir semua Desa di wilayah Pekat.

Bibit kurma yang dibudidaya di Pekat, lanjut M. Syahroni, mayoritas berasal dari KLU. Kurma itu sudah terbukti bisa tumbuh subur dan berbuah. Buahnya pun tidak sekali setahun seperti di jazirah Arab, tapi bisa sepanjang tahun. Tapi memang, harus ada perhatian dan perawatan yang intensif pada tanaman kurmanya. “Ini yang akan terus kita dorong bersama,” ungkap Syahroni. (ula)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...