Pilkades Serentak Berlangsung Damai, Loteng Bisa Jadi Contoh Berdemokrasi

0

Praya (Suara NTB) – Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 15 desa di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), akhir Agustus, berlangsung aman dan damai. Kematangan berdemokrasi masyarakat Loteng, khususnya yang menggelar pilkades jadi salah satu faktor pendukungnya. Bercermin dari torehan apik tersebut, Loteng bisa menjadi contoh bagaimana berdemokrasi yang sesungguhnya.

“Suksesnya pelaksanaan pilkades serentak merupakan buah sukses kita bersama. Bukan hanya aparat keamaanan saja, tapi semua kita,” ujar Kapolres Loteng, AKPB Irfan Nurmansyah, SIK.M.M., saat apel syukuran pilkades damai sekaligus perayaan HUT Polwan ke 74 bertempat di halaman Mapolres Loteng, Jumat, 2 September 2022.

Dikatakannya, aparat keamanan sendiri sudah melakukan upaya maksimal untuk menjaga dan memastikan pilkades serentak bisa berjalan aman. Namun itu semua tidak akan bisa terwujud tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah. Termasuk kalangan insan pers juga turut memberi andil besar dalam suskes ini.

Irfan berharap, capaian yang ditorehkan pada pilkades kali ini bisa menjadi pembelajaran untuk ke depan bisa tetap menyelenggaraan pesta demokrasi secara aman dan damai. “Memang tidak kita pungkiri ada saja gejolak yang muncul pada gelaran pilkades kemarin. Tapi secara umum semua bisa dikendalikan. Sehingga pada akhirnya pilkades bisa sukses,” ujarnya.

Disinggung kesiapan personel pengamanan, Irfan menegaskan, saat ini untuk pengamanan pasca pilkades mengandalkan personel Polres Loteng. Adapun personel bantuan dari Polda NTB sudah ditarik kembali. Dengan pengamanan tetap akan dilakukan hingga pelantikan kepala desa terpilih pada bulan Oktober mendatang.

Di tempat yang sama, Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., memberikan apresiasi kepada kepada seluruh komponen masyarakat Loteng yang telah mendukung terlaksananya pilkades serentak tahun ini. Terutama juga kepada panitia, para BKD/BKL, TNI-Polri dan pendukung pengamanan lainnya, sehingga pilkades serentak berjalan sukses, berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa telah usai dengan aman kondusif, kami ucapkan terimakasih untuk semua masyarakat Loteng dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini,” tandasnya seraya mengajak masyarakat bisa kembali bersatu mendukung kepala desa yang baru demi kemajuan desanya masing-masing. (kir)