Mekanisme Tes Tulis Rekrutmen Smelter Belum Ditentukan

Taliwang (Suara NTB) – Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja (TTRTK) Smelter mengaku belum menentukan mekanisme yang akan diterapkan saat pelaksanaan tes tulis.

“Sebelumnya memang sempat diwacanakan akan pakai CAT (computer assisted test). Tapi itu belum difinalkan,” kata anggota TTRTK Smelter sekaligus kepala Disnakertrans KSB, H. Muslimin kepada Suara NTB, Kamis, 1 September 2022.

Untuk menentukannya, H. Muslimin mengatakan, tim perlu mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan perusahaan mengenai kesiapannya. Baik kesiapan soal materi ujian tulis termasuk anggaran pelaksanaannya. “Kalau siap pakai sistem CAT. Nah tentu biaya yang diperlukan relatif lebih banyak kalau misal tesnya secara manual,” paparnya.

Tak hanya kesiapan perusahaan. Jika menggunakan mekanisme CAT, tim juga perlu berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB selaku pengelola gedung CAT Pemda. “Tentu kalau sistemnya CAT pasti yang bisa dipakai punya BKPSDM. Makanya kita akan ajak rapat juga BKPSDM apakah perangkat CAT-nya memadai dipakai untuk rekrutmen ini,” ujar H. Muslimin.

Selanjutnya ditanya mengenai hasil sanggahan pelamar. H. Muslimin mengatakan, tim secara teknis belum memplenokannya. Namun demikian, ia mengungkapkan, dari ratusan sanggahan yang diajukan pelamar terdapat sekitar 50 lebih yang dapat diakomodir oleh tim. Kesalahan yang menyebabkan mereka tidak lulus administrasi dapat dibuktikan saat proses sanggahan. “Jadi kalau digabung dengan yang lulus sebelumnya. Total ada sekitar 2 ribu pelamar yang akan kita tetapkan lulus administrasi,” sebutnya seraya menambahkan, pleno hasil sanggahan tim akan langsung menyusun jadwal kegiatan tes tulis dan wawancara.

“Rencananya hari ini kami pleno. Tapi tidak tahu selesai kapan. Bisa jadi sampai tengah malam nanti,” sambungnya.(bug)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...