KSB Kembali Gelar Lelang Ratusan Randis

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam waktu dekat akan kembali melakukan pelepasan aset berupa kendaraan dinas (Randis) melalui proses lelang terbuka.

Untuk persiapan lelang itu, dalam sepekan terakhir Pemda KSB melalui Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat telah melakukan penarikan ratusan Randis. Randis yang didominasi kendaraan roda dua itu selama ini tersebar di sejumlah unit kerja pemerintah.

“Sampai hari ini termasuk roda empat dan roda tiga sudah hampir 100 unit. Dan kita masih terus melakukan pengumpulan,” kata Kabid Aset BPKAD KSB, Hairul Anwar, Rabu, 31 Agustus 2022.

Seluruh Randis yang telah terkumpul itu, kata Hairul, nantinya akan diusulkan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima untuk dilakukan penilaian. Selanjutnya teknis lelang akan ditangani langsung oleh KPKNL yang diberi tanggung jawab melaksanakan mekanismenya. “Target kami untuk roda dua minimal 100 unit. Nah teknis lelangnya KPKNL lah yang menjalankannya,” ujarnya.

Hampir sebagian besar Randis yang akan dilepas oleh Pemda KSB itu berumur lebih dari 10 tahun. Hairul menjelaskan, secara aturan, masa pakai Randis di lingkungan pemerintah selama 5 tahun. Namun ada pengecualian jika dari hasil penilaian kendaraan tersebut masih laik setelah masa pakainya tersebut.

“Kurang dari 5 tahun juga bisa dilelang. Kalau misalnya kendaraan itu pernah mengalami kecelakaan dan biaya perbaikannya melampaui nilai ekonomisnya,” beber Heri, sapaan akrab Hairul.

Selanjutnya, ia menyampaikan, prosedur pelepasan aset daerah saat ini sangat ketat. Khusus melalui proses lelang harus ditangani oleh KPKNL dan tidak dapat lagi diadakan oleh Pemda. “Kami tugasnya mengumpulkan, menyerahkan ke KPKNL untuk ditaksir dan seterusnya menjalankan prosedur lelangnya,” imbunya.(bug)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...