Tuntaskan Pembangunan Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung, DSP Mandalika Dialokasikan Anggaran Rp1,7 Triliun

Mataram (Suara NTB) – Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah mendapat alokasi anggaran sebesar Rp1,7 triliun dari pemerintah pusat. Anggaran yang akan direalisasikan tahun 2023 dan 2024 ini akan dipergunakan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung di DSP Mandalika.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.TP., menjelaskan, dana sebesar Rp1,7 triliun dari Rp2 triliun yang diusulkan ini akan dipergunakan dalam menyelesaikan infrastruktur jalan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Menurutnya, ada dua ruas jalan yang akan ditangani dengan anggaran sebesar Rp222 miliar ini, yakni lanjutan pelebaran ruas jalan Kuta – Keruak Lombok Timur dari perempatan Sunggung Mandalika – Pelabuhan Awang dan ruas jalan Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. Dalam hal ini, pelebaran jalan yang dilakukan dari 4,5 meter menjadi 6 – 9 meter dan nanti bahu jalan akan diperkeras.

Selain infrastruktur jalan, tambahnya, penanganan sampah di DSP Mandalika juga menjadi atensi. Menurutnya, ada sejumlah TPA yang akan ditangani pada 2023 yaitu TPA Pengengat Kabupaten Lombok Tengah, TPA Kebon Kongok Lombok Barat, TPA Lemer dan TPA Lingsar dengan anggaran yang dialokasikan sekitar Rp300 miliar.

Tidak hanya itu,  tujuh desa di sekitar DSP Mandalika harus diselesaikan kebutuhan infrastrukturnya seperti jalan, air bersih dan rumah layak huni. Begitu juga semua jalan provinsi di DSP Mandalika harus terang benderang, sehingga pemerintah juga akan mengalokasikan lampu penerangan jalan dengan nilai anggaran yang disiapkan sebesar Rp400 miliar.

Pemerintah juga siap menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Mandalika dan pengadaan alat kesehatan sebesar Rp75 miliar. ‘’Anggaran untuk DPSP Mandalika ini akan turun dalam bentuk tambahan dana alokasi khusus (DAK), Inpres Jalan Daerah dan dana perbantuan,’’ terang mantan Kepala Bappeda NTB ini.

Ditambahkannya, dalam rapat yang digelar di Labuhan Bajo, Provinsi NTB ada 5 DSP yang menjadi atensi pemerintah pusat untuk dituntaskan hingga 2024, yakni  DSP Mandalika, DSP Labuhan Bajo, DSP Likupang, DSP Borobudur dan DSP Danau Toba.  Penyelesaian semua fasilitas pendukung yang ada di lima DSP diharapkan bisa tuntas tahun 2024 mendatang, sesuai dengan masa jabatan Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin berakhir. (ham)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...