Pasok Kebutuhan Listrik di Kawasan The Mandalika, ITDC Bangun Solar Farm di Lahan 24 Hektar

Praya (Suara NTB) – Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menyiapkan lahan seluas 24,9 hektar di zona tengah kawasan The Mandalika sebagai lokasi pembangunan solar farm. Yang nantinya bisa menjadi salah satu sumber pasokan listrik utama listrik bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut. Dengan begitu, ketergantungan akan pasokan listrik dari pembangkit listrik berbahan fosil bisa dikurangi.

Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, Sabtu, 27 Agustus 2022, mengatakan, ITDC berkomitmen menjadikan kawasan The Mandalika sebagai destinasi wisata ramah lingkungan serta berkelanjutan. Salah satu bentuknya yakni dengan mengoptimalkan penggunaan sumber-sumber energi terbarukan berbasis tenaga surya dengan menyiapkan pembangkit tenaga surya serta penggunaan fasilitas bertenaga surya.

Untuk pembangkit listrik tenaga surya sendiri ITDC telah menyediakan lahan seluas 24,9 hektar solar farm di zona tengah kawasan The Mandalika. “Untuk pembangunan solar farm ini, ITDC sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan calon investor,” terangnya.

Ia menegaskan, pemanfaatan energi terbarukan dilakukan secara bertahap di kawasan The Mandalika dimulai dengan pengunaan fasilitas ramah lingkungan serta menggunakan tenaga surya sebagai sumber energinya. Hal ini sebagai wujud komitmen ITDC dalam mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata yang berkelanjutan.

Dimulai dengan pemasangan sebanyak 541 unit penerang jalan umum (PJU) berbasis tenaga surya dan tersebar di sejumlah titik di dalam kawasan The Mandalika. Yang merupakan bagian dari program Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) yang pembiayaannya bersumber dari dana pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Kemudian pemasangan lima unit charging station berbasis solar cell di Kuta Beach Park dan Pertamina Mandalika International Circuit. Hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Yayasan Sinar Utama Nusantara (SUN) dengan ITDC. “Selain itu kita juga akan meningkatkan operasional kawasan yang ramah lingkungan melalui penggunaan moda transportasi bertenaga listrik, dan penyediaan pengolahan air dan limbah dalam kawasan,” tambah Bram.

Berupa 20 unit motor listrik, 4 unit buggy, dan 5 unit segway untuk mendukung aktivitas operasional kawasan. Kemudian ada juga Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang berfungsi untuk mengolah air laut menjadi air bersih yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di dalam kawasan.

“Ke depan melalui proyek MUTIP juga, ITDC akan berupaya meningkatkan operasional kawasan yang lebih ramah lingkungan dengan menyediakan Waste Water Treatment Plant (WWTP) untuk mengolah limbah cair dan Solid Waste Treatment Plant (SWTP) untuk mengolah limbah padat yang ada di dalam kawasan,” tandasnya.

Ia pun memastikan jumlah fasilitas maupun jaringan utilitas di dalam kawasan The Mandalika akan terus ditambah. Seiring dengan penambahan infrastruktur dasar yang terus berkembang di The Mandalika. Dengan harapan kawasan The Mandalika semakin dapat memenuhi fasilitas sebagai destinasi pariwisata dengan konsep sustainable tourism berstandar internasional. (kir)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...