250 Pecatur dari Lima Negara Ambil Bagian di Piala Mandalika

Praya (Suara NTB) – Turnamen catur internasional pertama di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) resmi di gelar, Rabu, 24 Agustus 2022. Tidak kurang dari 250 pecatur dari lima negara, turut ambil bagian pada event bertajuk International Open Chess Championship “Mandalika Cup” 2022  yang digelar Persatuan Catur Indonesia (Percasi) NTB.

Peserta turnamen yang berlangsung di salah satu hotel di Loteng itu antara lain berasal dari Belgia, Uzbekistan, Italia, Malaysia dan Indonesia selaku tuan rumah.

“Total ada 300 lebih peserta yang mendaftarkan diri. Namun karena keterbatasan tempat, jadi kita hanya bisa menerima sebanyak 250 peserta,” ungkap Ketua Panitia, M. Kamrin kepada Suara NTB. Dari peserta yang mendaftar, setidaknya enam peserta yang menyandang status Grand Master (GM), sisanya bergelar Master Internasional (MI) serta Master Nasional (MN).

Di mana Indonesia sebagai tuan rumah mengirim 2 orang GM serta 9 orang MN pada turnamen dengan system 9 babak ini. “Ini open turnamen, jadi tidak mengenal kelas, usia dan gelar. Semua peserta sama,” tandasnya seraya menambahkan, turnamen bakal berlangsung hingga Minggu, 28 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, gelaran turnamen ini dipantau langsung oleh federasi catur internasional. Dan, tercatat dan diakui sebagai event resmi catur internasional.  ‘’Jadi, event tersebut bukan event catur sembarangan, karena dipantau langsung oleh federasi catur internasional,’’ katanya.

Pengurus Percasi Pusat, Herman Kurniadi, saat membuka turnamen mengatakan, olahraga catur harus terus digelorakan. Tidak terkecuali di NTB. Mengingat, secara history NTB cukup punya nama dunia percaturan nasional. Bahkan di era tahun 1970 nama pecatur NTB turut mewaranai dunia catur nasional.

Kedepan, dengan semakin banyaknya event atau turnamen catur di daerah ini diharapkan bisa membangkitkan kembali prestasi catur NTB. Mengingat, potensi atlet catur di daerah ini juga tidak kalah dari daerah lain. “Dengan turnamen ini, bisa menjadi awal mulai kebangkitan catur NTB,” ujarnya.

Herman mengatakan, dunia catur NTB sudah punya modal awal untuk bisa bangkit. Pasalnya, organisasi catur NTB sudah mulai tertata rapi. Tinggal pembinaan kepada atlet catur bisa lebih massif dan optimal lagi dilakukan. Sehingga catur NTB bisa berbicara banyak di kancah nasional, bahkan internasional.

“Catur NTB kedepan harus bisa berpretasi. Mulai dari Pekan Olahraga (PON) dan event catur lainnya. Mengingat sudah cukup lama, catur tidak mampu menyumbang medali bagi NTB pada ajang PON,” tandasnya di hadapan Wabup Loteng, H.M. Nursiah, Ketua Percasi NTB, H.M. Syamsul Luthfi serta pejabat lingkup Pemprov NTB dan Pemkab Loteng lainnya. (kir)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

0
Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan politik Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang keluar dari Partai Nasdem. PKS...

Latest Posts

Tanpa Nasdem, PKS Tetap Lanjutkan Duet Zul-Rohmi Jilid II

Mataram (suarantb.com)-PKS NTB sama sekali tidak terpengaruh dengan keputusan...

Presiden Jokowi Sebut Mandalika Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Luar Jawa

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam...

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, NTB Perkuat Bela Beli Produk Lokal

Mataram (Suara NTB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan,...